DESKRIPSI STRATEGI PENANGANAN BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PDBK) DI SMP NEGERI 70 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.277Kata Kunci:
Bullying, Pendidikan Inklusif, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Strategi SekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam menangani bullying terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di SMP Negeri 70 Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling (BK), dan 10 siswa berkebutuhan khusus (PDBK) yang terdiri dari 2 orang dari kelas VII dan 8 orang dari kelas VIII. Pemilihan ini dilakukan berdasarkan peran strategis informan dan pengalaman PDBK sebagai korban bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying terhadap PDBK disebabkan oleh kurangnya perhatian keluarga, belum inklusifnya lingkungan sekolah, tekanan kelompok seusia, serta pengaruh media sosial. Untuk menangani hal tersebut, sekolah menerapkan strategi berbasis empat tahap manajemen strategi Wheelen dan Hunger: pengamatan lingkungan, perumusan, implementasi, serta evaluasi dan kontrol. Keempat tahap ini diterapkan melalui strategi preventif berupa sosialisasi anti-bullying dan pendidikan karakter; strategi edukatif melalui pembelajaran inklusif, mediasi konflik, dan pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK); strategi kuratif melalui konseling, mediasi, sanksi edukatif, serta pelibatan orang tua; serta strategi preservatif berupa pemantauan berkala, pelibatan pengurus kelas, komunikasi aktif dengan orang tua, dan evaluasi rutin. Keberhasilan penerapan strategi secara menyeluruh tercermin dari tidak adanya laporan kasus bullying yang masuk serta meningkatnya rasa aman dan kenyamanan PDBK dalam proses pembelajaran.
Referensi
Afriani, E., & Afrinaldi. (2023). DAMPAK BULLYING VERBAL TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMA NEGERI 3 PAYAKUMBUH. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 72–82. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.34
Andriyani, H., Idrus, I. I., & Suhaeb, F. W. (2024). Fenomena Perilaku Bullying di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1298–1303. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2176
Anggun, K., Sofyani, N., & Azahra, N. A. (2024). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Inklusif dalam Mewujudkan Lingkungan Inklusif Ramah Terhadap Pembelajaran (LIRP). Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series, 7(3), 2171–2181. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92651
Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M. N. (2020). Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. JURNAL ORTOPEDAGOGIA, 6, 104–107. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p104-107
Haslan, M. M., Sawaludin, & Fauzan, A. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 9, 24–29. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6836
Kementerian Pendidikan Nasional. (2009). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 70 TAHUN 2009 TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KELAINAN DAN MEMILIKI POTENSI KECERDASAN DAN/ATAU BAKAT ISTIMEWA. https://peraturan.infoasn.id/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-70-tahun-2009/
Novitasari, D. I., & Seytowati, N. (2020). PENERAPAN STRATEGI GURU DALAM MENANGANI SCHOOL BULLYING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO (STUDI KASUS DI SMP TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08(03), 1104–1116. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n3.p1104-1116
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-154
Prasetio, A., & Fanreza, R. (2023). STRATEGI SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI ISMAELIYAH SCHOOL. JURNAL ANSIRU : Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama ISLAM, 7, 1–6. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.14761
Sakila, N., Nur, K., Hazalia, M., Salsabila, D., Pratiwi, D., Lingga, L. J., & Dasmarni. (2024). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERMASALAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8159–8164. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/30184/20395
Sinaga, D. (2023). BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN (Penelitian Kualitatif). UKI PRESS. http://repository.uki.ac.id/12468/
Sudiantini, D. (2022). MANAJEMEN STRATEGI. CV. Pena Persada. https://repository.ubharajaya.ac.id/14640/1/Buku%20Manajemen%20Strategi.pdf
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. ALFABETA. https://www.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono
Wicaksono, M. E. (2018). UPAYA SEKOLAH DALAM MENGATASI BULLYING ANTAR SISWA DI SMPN 2 KURIPAN LOMBOK BARAT. https://eprints.unram.ac.id/11207/
Widya Ningrum, W., & Purnomo, H. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU “BULLYING” PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v9i1.26135
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ani Kurniawati Setiawan, Abdul Haris Fatgehipon, Martini Martini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.