DINAMIKA PARTISIPASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN DALAM DISKUSI KELAS: KAJIAN SOSIOLOGIS DAN IMPLIKASINYA

Penulis

  • Fikstif Donal Lintong Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.259

Kata Kunci:

Dinamika Partisipasi, Diskusi Kelas, Kajian Sosiologis, Implikasi Pada Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini menganalisis dinamika partisipasi mahasiswa semester II Prodi PPKn FKIP Universitas Cenderawasih dalam diskusi kelas melalui pendekatan kualitatif studi kasus, dengan fokus pada faktor sosio-kultural, infrastruktur, dan pedagogis. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dalam 8 pertemuan, wawancara semi-terstruktur kepada 15 mahasiswa dan 2 dosen, serta analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa partisipasi mahasiswa cenderung pasif, dengan 70% hanya merespons ketika diminta dosen, didominasi oleh hierarki kultural yang menghambat keberanian berpendapat (80% mahasiswa enggan menyanggah dosen) dan disparitas infrastruktur digital yang memengaruhi 60% mahasiswa pedalaman. Diskusi topik sensitif seperti otonomi daerah juga memicu keengganan akibat norma budaya kolektivisme. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode partisipatif berbasis kearifan lokal (menggala), pemerataan akses teknologi, dan pelatihan dosen dalam pengelolaan diskusi inklusif. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan pedagogi PPKn yang responsif terhadap konteks Papua.

Referensi

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua. (2022). Statistik pendidikan Provinsi Papua 2022. Diakses dari https://papua.bps.go.id/

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27-40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage.

Denzin, N. K. (1978). The research act: A theoretical introduction to sociological methods (2nd ed.). McGraw-Hill.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Laporan disparitas pendidikan di Papua dan Papua Barat. Jakarta: Kemdikbudristek.

Silverman, D. (2016). Qualitative research (4th ed.). Sage.

Sitorus, M. (2019). Relasi dosen-mahasiswa dalam budaya akademik Papua. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 14(1), 30-40.

Wambrauw, V., & Solossa, R. (2020). Budaya kolektivisme dan hambatan partisipasi akademik mahasiswa Papua. Jurnal Antropologi Indonesia, 41(2), 40-50. https://doi.org/10.7454/ai.v41i2.12345

Widodo, A. (2019). Pembelajaran PPKn berbasis diskusi kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-07

Cara Mengutip

Donal Lintong, F. (2024). DINAMIKA PARTISIPASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN DALAM DISKUSI KELAS: KAJIAN SOSIOLOGIS DAN IMPLIKASINYA. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 3(2), 124–129. https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.259

Terbitan

Bagian

Artikel