DINAMIKA PARTISIPASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN DALAM DISKUSI KELAS: KAJIAN SOSIOLOGIS DAN IMPLIKASINYA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.259Kata Kunci:
Dinamika Partisipasi, Diskusi Kelas, Kajian Sosiologis, Implikasi Pada PembelajaranAbstrak
Penelitian ini menganalisis dinamika partisipasi mahasiswa semester II Prodi PPKn FKIP Universitas Cenderawasih dalam diskusi kelas melalui pendekatan kualitatif studi kasus, dengan fokus pada faktor sosio-kultural, infrastruktur, dan pedagogis. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dalam 8 pertemuan, wawancara semi-terstruktur kepada 15 mahasiswa dan 2 dosen, serta analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa partisipasi mahasiswa cenderung pasif, dengan 70% hanya merespons ketika diminta dosen, didominasi oleh hierarki kultural yang menghambat keberanian berpendapat (80% mahasiswa enggan menyanggah dosen) dan disparitas infrastruktur digital yang memengaruhi 60% mahasiswa pedalaman. Diskusi topik sensitif seperti otonomi daerah juga memicu keengganan akibat norma budaya kolektivisme. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode partisipatif berbasis kearifan lokal (menggala), pemerataan akses teknologi, dan pelatihan dosen dalam pengelolaan diskusi inklusif. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan pedagogi PPKn yang responsif terhadap konteks Papua.
Referensi
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua. (2022). Statistik pendidikan Provinsi Papua 2022. Diakses dari https://papua.bps.go.id/
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27-40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage.
Denzin, N. K. (1978). The research act: A theoretical introduction to sociological methods (2nd ed.). McGraw-Hill.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Laporan disparitas pendidikan di Papua dan Papua Barat. Jakarta: Kemdikbudristek.
Silverman, D. (2016). Qualitative research (4th ed.). Sage.
Sitorus, M. (2019). Relasi dosen-mahasiswa dalam budaya akademik Papua. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 14(1), 30-40.
Wambrauw, V., & Solossa, R. (2020). Budaya kolektivisme dan hambatan partisipasi akademik mahasiswa Papua. Jurnal Antropologi Indonesia, 41(2), 40-50. https://doi.org/10.7454/ai.v41i2.12345
Widodo, A. (2019). Pembelajaran PPKn berbasis diskusi kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fikstif Donal Lintong

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.