STUDI KESIAPAN CALON GURU PAI DALAM MENGADOPSI MEDIA PEMBELAJARAN MANUAL DAN TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.245Kata Kunci:
Calon Guru PAI, Kesiapan Mengadopsi, media pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat kesiapan calon guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran manual dan berbasis teknologi di sekolah. Motivasi utama dari penelitian ini perlunya memastikan bahwa calon guru memiliki kompetensi pedagogik yang adaptif terhadap perkembangan teknologi pembelajaran, khususnya bagi mahasiswa generasi Z yang cenderung lebih akrab dengan media digital dibanding manual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan angket kepada 84 mahasiswa PAI Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi yang telah mengikuti mata kuliah Media Pembelajaran. Terdapat empat indikator kesiapan yang dikaji, yaitu pemilihan dan penggunaan media manual serta berbasis teknologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua indikator kesiapan berada pada kategori baik dan sangat baik, dengan persentase tertinggi pada aspek kesiapan memilih (78,40%) dan menggunakan media teknologi (77,60). Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki literasi digital dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tenuan ini mengisi celah dalam penelitian terdahulu yang umumnya belum membedakan secara eksplisit antara kesiapan terhadap media manual dan teknologi, serta belum mengukur kesiapan secara holistik. Oleh karena itu, pendekatan kurikulum yang seimbang antara media manual dan berbasis teknologi sangat direkomendasikan.
Referensi
Alruthaya, A., Nguyen, T. T., & Lokuge, S. (2021). The Application of Digital Technology and the Learning Characteristics of Generation Z in Higher Education. Australasian Conference on Information Systems, 1–7. https://arxiv.org/pdf/2111.05991
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep Learning: Engage the World Change the World. In SAGE Publications.
Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/485
Miarso, Y. (2018). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (Edisi 2). Prenada Media.
Nehe, B. M., Aryadi, D., Bastaman, W. W., & Purwantiningsih, S. (2023). Kemampuan Literasi Digital pada Mahasiswa Calon Guru (Studi Kasus). Seminar Nasional Riset Multidisiplin Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2023.
Pasaribu, E. Z., Rahmi, S. Y., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., Ritonga, W. A., Rangkuti, R. K., & Harahap, N. (2020). Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS. In 2Yayasan Kita Menulis.
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Kencana.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Education.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfa Beta.
Suyanto, Mubarak, A. Z., Suryadi, B., Darmawan, C., & Rahmawati, Y. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP Kemendikdasmen Republik Indonesia.
Undang-Undang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005, Pub. L. No. 157. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo
UNESCO. (2023). Technology in Education: a Tool on Whose Terms? UNESCO. https://www.unesco.org/gem-report/sites/default/files/medias/fichiers/2023/07/Summary_v5.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siska Yulia Rahmi, Febby Nurhaliza

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.