IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.239Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Karakter Religius, Ketuhanan yang Maha Esa, Nilai Pancasila, Pendidikan KarakterAbstrak
Penanaman nilai-nilai Pancasila sejak usia dini merupakan langkah strategis dalam membentuk karakter anak yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam moral dan spiritualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran nilai-nilai Pancasila, khususnya sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa", berkontribusi terhadap pembentukan karakter religius pada anak usia 5–6 tahun di TKS Sirojut Tholibin Taman Sari. Dengan durasi penelitian selama 7 hari, Subjek penelitian ada 4 orang guru, kepala sekolah dan 24 anak, Untuk Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila diintegrasikan dalam berbagai kegiatan pembelajaran seperti doa bersama, bermain peran, bercerita, dan pembiasaan sikap sehari-hari. Karakter religius anak tercermin dalam perilaku seperti berdoa dengan tertib, mengucapkan salam, menunjukkan rasa syukur, serta menghormati teman dan guru. Implementasi nilai-nilai Pancasila terbukti tidak hanya menumbuhkan kesadaran spiritual anak, tetapi juga memperkuat nilai-nilai kemanusiaan, kebersamaan, dan tanggung jawab. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang konsisten, kontekstual, dan melibatkan peran aktif guru serta orang tua dalam mendampingi proses pembentukan karakter religius anak melalui nilai-nilai Pancasila.
Referensi
Achmad, Fatoni, Bujuna Al Hadad, and Masayu Rasyid. 2022. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Manurung Goto Tidore Kepulauan.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 4 (2): 63–75. https://doi.org/10.33387/cp.v4i2.5182.
Ardiana R, and Aslindah A. 2023. “Penerapan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Taman Kanak-Kanak Al Ijtihad Samarinda.” EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies 2 (1): 381–85.
Bitu, Yuliana Sesi, Agustina Purnami Setiawi, Fransiskus Ghunu Bili, Sri Astuti Iriyani, Nova Supriyedi Patty, Program Studi Pgpaud, Kec Loura, Kabupaten Sumba, Barat Daya, and Nusa Tenggara Timur. 2024. “PEMBELAJARAN INTERAKTIF : MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN SISWA PENDAHULUAN Pembelajaran Interaktif Merupakan Pendekatan Yang Mengintegrasikan Penggunaan Teknologi Dan Metode Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Belajar M” 5 (2): 193–98.
Cahyono, Heri. 2020. “Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius.” Ri’Ayah.
Dianti Yunia Sari, Fauziah Ulpah, and Ulfa Ramadhani. 2021. “Implementasi Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Menanamkan Nilai Moral Pancasila Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Smart Paud 6 (2): 89–100.
Hasanah, Lathipah, Nurul Bahi, Nurvianti, Ragita Cahyantika, and Sekar Prameswari. 2022. “Implementasi Nilai Pancasila Pada Sila Pertama Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Dian Karuna.” Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi 6 (02): 585–93.
Kamila, Jenisa Tasya, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Pentingnya Mengenalkan Pancasila Dan Contoh Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sejak Anak Berusia Dini.” IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies 2 (2): 81–92. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.28.
Nafisah, Aisyah Durrotun, Aini Sobah, Nur Alawiyah Kharisma Yusuf, and Hartono Hartono. 2022. “Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila Dan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5): 5041–51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865.
Nasrudin, Muhammad Humam, Dinie Anggraeni Dewi, and Muhammad Irfan Adriansyah. 2024. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Anak Sekolah Dasar.” PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2 (1): 9–15. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.270.
Prakasa, Armelia, Ernawulan Syaodih, and Rita Mariyana. 2023. “Program Unggulan Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembiasaan Beribadah: Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (5): 6165–76. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5203.
Prasetyo, Eko, Rika Gubita, and Andaraswari Andaraswari. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Dan Tanggungjawab Peserta Didikdi Smp Negeri 2 Teras Boyolali.” Civics Education and Social Science Journal (Cessj) 2 (2): 27–39. https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1130.
Regiani, Ega, and Dinie Anggraenie Dewi. 2021. “Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi.” Jurnal Kewarganegaraan 5 (1): 30–38. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1402.
Regita, Egi, Sam’un Mukramin, Lukman Ismail, and Peni Astuti. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Pancasila Untuk Membangun Karakter Anak Tenaga Kerja Indonesia.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 7 (1): 106–17. https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.4423.
Rindiani, Erra Yuni, Arri Handayani, and Dini Rahmawati. 2024. “Pembentukan Karakter Religius Di Taman Kanak-Kanak Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 10.
Santoso, Joko, and Andreas Pujiono. 2022. “Revolusi Konseling Karakter Bagi Peserta Didik Menghadapi Tantangan Abad 21.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4 (2): 179–94. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i2.78.
Seilla Julya Marlita Khaerunisa, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari. 2021. “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA ANAK SEKOLAH DASAR.” Pharmacognosy Magazine 75 (17): 399–405.
SITI MA RIFATUL MUNAWAROH, ASTUTI DARMIYANTI, and NIDA’UL MUNAFIAH. 2023. “Peran Guru Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Di RA Al-Hidayah.” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 18–23. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6547.
Ulani, Retno Lara, Nova Novita, and Alimni. 2024. “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk Tunas Bangsa Kota Bengkulu.” QALAM: Jurnal Pendidikan Islam 5 (1): 1–7. https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/index.
Yutri Wahyuni. 2024. “Menanamkan Nilai Pancasila Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 2 (2): 290–301. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2993.
Zulianti, Evi, Mohammad Afifulloh, and Mutiara Sari Dewi. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini.” Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mumtik Halawati, Dewi Pusparini, Medi Yana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.