ANALISIS KOMPARATIF KONSTRUKSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI BERBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.228Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Perguruan Tinggi Umum, Sekolah Islam Terpadu, Sekolah UmumAbstrak
Penelitian ini mengkaji implementasi Pendidikan Agama Islam (Pendidikan Agama Islam) di berbagai lembaga pendidikan, termasuk sekolah umum, Sekolah Islam Terpadu (SIT), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), dan Perguruan Tinggi Umum (PTU). Kontribusi unik dari studi ini terletak pada pemetaan sistematis model implementasi PAI lintas jenis lembaga secara kritis dan interkonektif, yang selama ini jarang dijadikan objek kajian lintas jenjang dan tipologi lembaga secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan bagi pengambil kebijakan juga dosen dan guru PAI di sekolah umum, SIT, PTKI, dan PTU, dalam merancang pendekatan pedagogis yang kontekstual, inklusif, dan adaptif terhadap tantangan zaman. Temuan penelitian menunjukkan variasi signifikan dalam pendekatan, kurikulum, dan efektivitas penerapan nilai keislaman di setiap lembaga tersebut. Di sekolah umum, Pendidikan Agama Islam lebih berfokus pada aspek kognitif, sedangkan di SIT, PTKI, dan PTU terdapat tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan kurikulum yang lebih luas. Penelitian ini memberikan rekomendasi penguatan kurikulum, peningkatan kapasitas pengajaran, serta kebijakan pendidikan yang mendukung pengembangan Pendidikan Agama Islam berbasis integrasi nilai dan keterampilan sosial yang dibutuhkan abad ke-21.
Referensi
Agansi, M. (2023). Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Di Smpit Harapan Bunda Manado [PhD Thesis, IAIN manado]. http://repository.iain-manado.ac.id/1276/
Aulia, H., Anwar, A., & Hadi, K. (2022). Nilai Integrasi Islam dan Sains di Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia: Sekolah Islam Terpadu, Madrasah dan Pesantren. Tafhim Al-’Ilmi, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.37459/tafhim.v14i1.5714
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: Pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.
Daulay, H. H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Kencana. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YdxDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=Putra+Daulay,+%E2%80%9CHaidar.+Pendidikan+Islam+Dalam+Sistem+Pendidikan+Nasional+Di+Indonesia&ots=hz6p_prM1T&sig=UQWT0SJ320DZCxLmCoftRtVZgH8
Frandani, M. (2023). Pembaruan Sistem Pendidikan Islam: Sekolah Islam Terpadu. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 11–18.
Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran tematik integratif (Model integrasi mata pelajaran umum SD/MI dengan nilai agama). Jurnal Elementary, 5(2), 309–310.
Gasmi, N. M., Oktaviana, S., Afifah, U., Anwar, C., Anwar, S., & Wasehudin, W. (2025). Strategi Integratif dalam Pendidikan Islam: Pendekatan Holistik Terhadap Islamisasi Sains Melalui Metode Pembelajaran Kolaboratif dan Kontekstual. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 814–830.
Hanafi, Y. (2017). Transformasi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Dari Paradigma Normatif-Doktriner Menuju Paradigma Historis-Kontekstual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(1), 27–37.
Hanum, R. (2019). Integrasi Ilmu Dalam Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Di Aceh (Studi Kasus SD IT Aceh Besar dan Bireuen). Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4586
Harisnur, F. (2021). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) tingkat sekolah dasar. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(2), 52–65.
Hasan, I. (2016). Meninjau Ulang Kebijakan Pemerintah Bidang Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2), 1–20.
Hidayat, O. (2024). Paradigma Ilmu Pengetahuan Integratif pada PTKI di Indonesia. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59757/sharia.v1i2.28
Huda, N. (2019). Konsepsi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. http://repository.unitomo.ac.id/1988/1/PCX%20-%20Report%20Konsepsi%20Pembelajaran%20PAI.pdf
Ilhami, A., Zein, N., Zulfahmi, Z., Permana, N. D., & Turista, D. D. R. (2021). Implementing of Islamic Learning Integrated in Biology Education through Team Teaching Method to Enhance Students’ Understanding of Sex Education. Bioeducation Journal, 5(1), 46–55.
Indonesia, R. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.
Juhana, H., Yamin, M., Arifin, B. S., & Ruswandi, U. (2022). Eksistensi dan Urgensi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5879–5884.
Kambau, R. A., Kadir, N. A., Mutmainnah, J., & Rahman, A. (2016). Implementasi Service-Learning di UIN Alauddin makassar. I. Nur Khairunnisa. https://acced.uin-alauddin.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/Panduan-SL.pdf
Karnia, N., Farida, N. A., & Ferianto, F. (2022). Pengembangan Kurikulum Pai Di Universitas Negeri Yogyakarta. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.14782
Kholidin, A., & Kodriyah, I. (2025). Transformasi Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia dan Kontribusinya terhadap Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 12–12.
Kurniasih, S. R., Haryanti, E., & Hermawan, A. H. (2023). Integrasi Ilmu dan Iman dalam Kurikulum: Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 77–93. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11607
Kurniawan, W., Mulyanto, A. W., & Zen, B. Y. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum Nasional: Tantangan dalam Konteks Pendidikan di Indonesia. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 54–66.
Kurniawan, W., Sriwahyuni, T., & Zen, B. Y. (2025). Revitalisasi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi: Membangun Mahasiswa Yang Intelektual dan Spiritual. Reflection: Islamic Education Journal, 2(2), 227–239.
Lickona, T. (2022). Mendidik untuk membentuk karakter. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=LT6AEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Thomas+Lickona+dalam+kerangka+pendidikan+karakter+yang+utuh&ots=GEP3UPdgZU&sig=_wfExfhXOr-BWUJ78iVlW735xFA
M AMIN ABDULLAH, D. (2016). Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20032/
Masdar, R., & Ismail, I. (2025). Landasan Filsafat Progresivisme dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Abad-21. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 350–356.
Muvid, M. B., Ridho, A., Yumnah, S., Saputra, G., Sa’diyah, H., Sa’adillah, R., Fitriono, E. N., & Ardiansa, J. (2023). Transformasi PAI Dalam Penguatan Sikap Moderasi Beragama Di Era Digital. Global Aksara Pers. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7242/
Nasution, J. S., Fatonah, S., Sapri, S., & Sakdah, M. S. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Di SD Islam Terpadu Al-Fityan Medan Sumatera Utara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 654–671.
Posha, B. Y. (2015). Perkembangan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 3(2), 75–82.
PP No. 57 Tahun 2021. (2021). Database Peraturan | JDIH BPK. http://peraturan.bpk.go.id/Details/165024/pp-no-57-tahun-2021
Pulungan, Z., & Dalimunthe, S. S. (2022). Sejarah Berdirinya Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia. Al-Uswah: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(1). https://doi.org/10.24014/au.v6i1.13453
Rahim, R. (2018). Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 1(1), 17–26.
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617.
Sabiq, A. F. (2021). Pembelajaran PAI dengan Pendekatan Integratif pada Masa Pandemi Covid-19 di SD PTQ Annida Salatiga. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(1), 50–58.
Samudera, S. A., & Nata, A. (2024a). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Agama Islam pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin, 1(3), 130–140.
Samudera, S. A., & Nata, A. (2024b). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Agama Islam pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin, 1(3), 130–140. https://doi.org/10.25299/jpim.2024.18539
Sibaweh, I. (2025). Penilaian hasil belajar pendidikan agama Islam: Penerapan strategi, skema, dan alternatif solusi di tingkat sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 736–743.
Siregar, E. (2016). Kebijakan Pemerintah Hindia Belanda Terhadap Pendidikan Kaum Bangsawan Di Indonesia (1900-1920). Jurnal Education and Development, 3(1), 21–21.
Sofanudin, A. (2019). Tipologi Kurikulum Penddikan Agama Islam Pada Sekolah Islam Terpadu (SIT) Curriculum Typology Of Islamic Religion Education In Integrated Islamic School (SIT). https://www.academia.edu/download/89442803/5feaf58be9ccb9028eaf16d1.pdf
Sukri, S. (2013). Implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smpit) Darul Azhar Aceh Tenggara [Masters, Pascasarjana UIN Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/1731/
Sumayasa, I. N., Marhaeni, M. P. A. N., & Dantes, N. (2015). Pengaruh implementasi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas vi di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem [PhD Thesis, Ganesha University of Education]. https://www.neliti.com/publications/124471/pengaruh-implementasi-pendekatan-saintifik-terhadap-motivasi-belajar-dan-hasil-b
Susanty, F., Yazid, S. J., & Santi, K. A. (2025). Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dalam Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga Di Era Society 5.0. EDUCATE: Journal of Education and Culture, 3(2), 530–539.
Taufiq, A., & Ramadhani, G. F. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Proses Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1234–1240.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, 2003 20 (2003).
Urrobingah, A., Muzaky, A. A., Rahayu, M. F., & Hidayat, F. (2024). History and Dynamics of Madrasas in Indonesia. Kasyafa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.61166/kasyafa.v1i1.3
Wahidin, A. (2014). Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid Asma Wa Sifat. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 3, 575.
Wahyudi, D., & Khotijah, K. (2021). Islamic Education 4.0 Sebuah Revolusi Pendidikan Islam. Idea Press Yogyakarta. http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7813/1/Islamic_Education_4_0_Sebuah_Revolusi_Pe.pdf
Waston, W. (2016). Pemikiran epistemologi Amin Abdullah dan relevansinya bagi pendidikan tinggi di Indonesia. Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(01), 80–89.
Yuni, R., Murhayati, S., & Murniati, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Integratif Interkonektif Agama Dan Sains Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-kecematan Sukajadi Kota Pekanbaru. Kutubkhanah, 21(1), 65–81.
Zubairi, Z., Nurdin, N., & Solihin, R. (2022). Islamic Education in the Industrial Revolution 4.0. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 359–371.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zeni Murtafiati Mizani, Mahmud Arif, Sangkot Sirait

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.