ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN IMBUHAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS NARASI SISWA KELAS III SDN WONOSARI 01
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.227Kata Kunci:
Analisis Kesalahan, Bahasa Indonesia, Imbuhan, Siswa Sekolah Dasar, Teks NarasiAbstrak
Kesalahan penggunaan imbuhan dalam penulisan bahasa Indonesia masih menjadi kendala dalam pembelajaran di sekolah dasar, terutama pada siswa kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan faktor penyebab kesalahan penggunaan imbuhan dalam teks narasi siswa kelas III SDN Wonosari 01. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 23 siswa, serta informan terdiri dari wali kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi hasil tulisan siswa, wawancara, dan dokumentasi. Meskipun kajian morfologi telah banyak dilakukan, masih terdapat keterbatasan penelitian yang secara khusus mengkaji kesalahan imbuhan dalam konteks teks narasi siswa kelas rendah. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling dominan terdapat pada penggunaan awalan me- dan ber, serta konfiks me-...-kan dan di-...-kan. Kesalahan ini terjadi karena siswa belum memahami penggunaan imbuhan sesuai konteks kalimat. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran imbuhan yang sistematis, kontekstual, dan didukung dengan latihan menulis secara rutin untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa.
Referensi
Anifiah Zulfa, L., & Khasanah, U. (2023). Penguasaan Penulis terhadap Kaidah Penggunaan Imbuhan ber-dalam Kajian Sastra Publikasi. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Audina, F., Syahira, F., Maharani, F., Muzdalifah, R., Ramasari, P., Tadris, P., Indonesia, B., Tarbiyah, I., & Keguruan, D. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Morfologi Pada Siswa Sekolah Dasar. In Bahasa Arab dan Kajian Linguistik Arab (Vol. 6, Issue 1). Jurnal Pendidikan.
Cahyani, A., Dewi, K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. In PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.educ3.org/index.p
Cahyani, L. D., Apriliana, W., & Setiawaty, R. (2024). Analisis Kesalahaan berbahasa dalam bidang morfologi pada karangan narasi siswa kelas VI SD 1 Lau. Jurnal Sinektik, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.33061/js.v7i1.10178
Desy, S., 1, R., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Analisis Kesalahan Afiksasi (Prefiks) Pada Penulisan Kalimat Sederhana Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Bulung Cangkring. 4(2), 221–238. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/
Dwi Putri, R., & PGRI Bandar Lampung, S. (2021). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung. http://skripsi.stkippgribl.ac.id/
Hermawan, A., & Zahro, N. H. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi Bahasa Indonesia dalam Makalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester 2 (Dua) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(3), 412. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i3.394
Khoerunajah, N., Iswara, P. D., & Nugraha, D. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 8(1), 120–134. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1
Khoerunnisa, N., Mulyono, S., & Ulya, C. (2022). ANALISIS KESALAHAN BAHASA TATARAN MORFOLOGIS DAN SEMANTIS PADA TEKS PUISI SISWA KELAS 4 SD NEGERI 3 SIDAREJA (Vol. 1, Issue 4).
Kiuk, Suputra, I. G. W., & Adnyani, L. D. S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10–17. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ
Moeliono, A. M. . (2017). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ovie, A. N., Pratiwi, A. S., & Nurfitriani, M. (2021). INTERFERENSI BAHASA DAERAH KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA. Cendekiawan, 3(2), 65–70. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.193
Rhea, H., Immawan, E., Ramdhani, I. S., Muttaqien, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V di SDN Pegadungan 05 Pagi.
Tunggal Putri, A. M., Slamet, S. Y., & Siti Poerwanti, J. I. (2023). Analisis kesalahan morfologi bahasa Indonesia dalam karangan narasi peserta didik kelas v sekolah dasar.
Widodo, A., Kadir Jailani, A., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram: Vol. VI (Issue 1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yunita Kartika Sari, Arif Fadhillah, Alvi Damayanti, Euodia Abhel Rahmadhani, Shafa Navisa Nurul Muthi’ah, Moh. Farizqo Irvan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.