ANALISIS "SAYANG LINGKUNGAN" BUKU BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II BERDASARKAN KELAYAKAN BUKU BSNP
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.222Kata Kunci:
Buku Teks SD, Ejaan, Kesalahan Kebahasaan, Tanda BacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesalahan kebahasaan dalam buku SD kelas 2 khususnya pada bab VII. Pada buku ini masih mengandung beberapa kesalahan. Aspek yang dikaji pada buku kelas 2 meliputi kualitas isi, kualitas bahasa, kualitas penyajian dan kualitas tampilan buku. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan pencatatan terhadap kesalahan-kesalahan yang telah ditemukan di dalam buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesalahan kebahasaan pada buku antara lain yaitu, kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan dalam menggunakan tanda baca seperti titik koma dan tanda seru, serta kesalahan penggunaan huruf miring yang tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan EYD). Selain itu juga terdapat penggunaan istilah yang tidak konsisten dan struktur kalimat yang tidak tepat. Hasil hasil ini menunjukkan bahwa buku kelas 2 pada bab VII secara umum buku ini belum sepenuhnya memenuhi standar kebahasaan yang baik. Sehingga diperlukan revisi secara menyeluruh supaya buku dapat menjadi sumber belajar yang layak, komunikatif dan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang berlaku.
Referensi
Afdal, A., Masruri, A., Anugrah, A., Wulandari, A., Fitria, A., & Mukhlis. (2022). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa Indonesia. Sastra, Bahasa, Dan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 130–136.
Agi Ahmad Ginanjar, Welly Nores Kartadireja, A. S. A. (2025). ANALISIS ISI BUKU AJAR BAHASA INDONESIA CERDAS CERGAS BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA UNTUK KELAS X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 217–228.
Ali Murtado, Fikri Halfia Ramadlan, D. U. (2024). ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH MENURUT BSNP. JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES, 1(6), 750–765.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Arizal Septian Salam, Sudirman, H. (2022). Standar Isi, Bahasa, dan Penyajian Buku Tematik Terbitan Mediatama Tema 4 “ Berbagai Pekerjaan “ dan Tema 5 “ Pahlawnku “ Seri HOTS Kelas IV Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 827–834.
Arsyad, A. (2014). MEDIA PEMBELAJARAN. (A. Rasman, Ed.) (17th ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fiddini Nafa Eka Rohmaningsih, Linda Wahyuni, N. P., Hikmatunisa, Sherina Herdiana Putri, A. Y. R., Mochmammad Fadhlan Dzikrullah, Nur Assyifa Khoirunnisa, V., & Christina Anatasya Lumbanraja, K. A. C. (2024). Analisis Kelayakan Isi Buku Kurikulum Merdeka Materi Listrik Statis Dan Listrik Dinamis Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(16), 319–332.
Hindasah, S., & Haryana, W. (2023). Peran Ilustrasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 7(1), 1. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i1.2190
Husna. A, W. N. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Teks Cerpen Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Candung. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 124. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.8596
Julianto, I. N. L., & Cahyadi, I. W. A. E. (2020). Interaktivitas Ilustrasi pada Ruang Belajar Siswa SD Kelas 1 – 3 di Bali. Panggung, 30(4), 588–604. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1373
Moneta, A. S., Yensy, N. A., & Susanto, E. (2020). Lisis Buku Teks Matematika Smp Kelas Viii Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Standar Bsnp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 327–339. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.327-339
Nasution, A. F. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. (M. Albina, Ed.). Bandung: Harva.
Ningtyas, H. A., & Rahmawati, L. E. (2023). Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan Bahan Ajar Teks Deskripsi di SMP Kelas VII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 52–71. https://doi.org/10.22236/imajeri.v6i1.10977
Rihanah, A., & Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03
Rosidin, M. (2022). Analsis Kelayakan Isi Buku Ajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Yayasan Pendidikan Az-Zuhri. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 162–174.
Syarifah, Rohmatul Ummah Dian, R. A. (2025). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Fase A Kurikulum Merdeka. Journal of Primary Education, 8(1), 1–12.
Wulandari, G., Indriani, M. S., & Nurjaya, G. (2021). Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi 2018. Journal of Digital Learning and Education, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.52562/jdle.v1i3.254
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jatsiyatul’Izza Qomar, Panca Dewi Purwanti, Lintang Asti Anggraeni, Ikrima Fahma Adhiya Mecca, Devi Ayu Rahmawati, Heranita Ayudia Chindra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.