IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD BERBASIS QUIZLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.215Kata Kunci:
Flashcard Digital, Kemampuan Baca Tulis, Media Pembelajaran Interaktif, QuizletAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa kelas III SD melalui penggunaan media flashcard digital berbasis aplikasi Quizlet. Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya keterampilan membaca dan menulis siswa serta kurangnya motivasi belajar akibat metode konvensional yang kurang interaktif. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, penelitian ini menerapkan strategi pembelajaran berbasis media digital interaktif untuk mengatasi kesenjangan penggunaan teknologi dalam pembelajaran literasi dasar. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek “menemukan informasi” dari 69% menjadi 88%, “memahami isi bacaan” dari 65% menjadi 85%, dan “evaluasi bacaan” dari 62% menjadi 77%. Rata-rata nilai literasi meningkat dari 67% (pretest) menjadi 83% (post-test), sementara partisipasi aktif siswa mencapai 85%. Temuan ini mengindikasikan bahwa Quizlet efektif meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa secara simultan. Interpretasi hasil menunjukkan bahwa penggunaan media digital berbasis visual dan audio mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sesuai gaya belajar siswa, serta mendukung pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media Quizlet secara lebih luas dalam kurikulum Bahasa Indonesia di tingkat dasar sebagai inovasi pembelajaran yang aplikatif dan berdampak positif.
Referensi
Amaliyah, N., Hayati, N., & Kasanova, R. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Miftahus SudurCampor Proppo. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 129–147.
Azizah, W. A., Kiptiyah, S. M., & Devia Putri, A. (2024). Program Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengembangan Karakter Siswa SD. Reativ Publisher.
Barung, Y. K. P., Molan, K. S. H., & Yasinta, P. P. (2024). Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Literasi di Sekolah Dasar Katolik Lamabelawa. Jurnal Nusantara Berbakti, 2(3), 33–45. https://doi.org/10.59024/jnb.v2i3.377
Basyir, M. S., Aqimi Dinana, & Diana Devi, A. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.12
Ginting, Y. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE. Quality Berastagi.
Gultom, F. Y., & Mudiono, A. (2024). Penggunaan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(3), 288–294. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p288-294
Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–82. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47
Halawa, E. (2024). EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKSIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA MATERI MODEL DIAGRAM INTERAKSI PELAKU EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ULUSUSUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 33–38.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Karomah, F. N., Devita, Zulfikar, J. R., & Mas’odi. (2024). PERAN DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 15(2), 211–222.
Khirayoh, N. L. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jakarta Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Maharani, A. (2023). PENGARUH MEDIA ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GEKBRONG 1 KEC.GEKBRONG KABUPATEN.CIANJUR (Penelitian Kuasi Eksperimen). Unpas.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Gosiah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sdn Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85–96. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.279
Nafi’ah, J. (2020). Pengembangan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.288
Nanik, I. (2024). MANAJEMEN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI UPTD BALAI LATIHAN KERJA DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA KOTA PEKALONGAN MENUJU BALAI LATIHAN KERJA UNGGUL.
Ningsih, KWD (2025). PELAKSANAAN KUIS DALAM PEMBELAJARAN PRESTASI KOSAKATA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KERAMBITAN (Disertasi Doktor Universitas Pendidikan Ganesha).
Nurhaswinda, Hasnil, A., & Novita, P. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2522–2532.
Pinatih, N. P. S. (2020). Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 1(12), 72.
Rahayu, S., Nismawati, N., Saragih, CRM, Habeahan, K., Simarmata, R., & Sidabalok, H. (2024). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Siswa Menggunakan Aplikasi Quizlet. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA , 9 (3), 334-338.
Wahyuningsih, S. (2021). MODUL LITERASI SAINS DI SEKOLAH DASAR (p. 15). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Direktorat Sekolah Dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Destrinelli Destrinelli, Risdalina Risdalina, Sandrina Dwi Melany, Rizki Eka. S, Latifa Ruliandari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.