PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR

Penulis

  • Damayanti Damayanti Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Acep Fatchuroji Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Najhdah Thalib Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Sultan Hasanuddin Universitas Musamus, Merauke, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.185

Kata Kunci:

Ekonomi, Hasil Belajar, Metode Resitasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 3 Merauke. Metode resitasi merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada pemberian tugas mandiri dan terstruktur guna meningkatkan keterlibatan serta tanggung jawab belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental tipe one-group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif. Seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 35 orang dijadikan sampel melalui teknik sampel jenuh, karena populasinya kecil dan mudah dijangkau sehingga hasilnya mewakili keseluruhan populasi. Penelitian ini memiliki kebaruan (novelty) karena mengkaji efektivitas metode resitasi dalam konteks pembelajaran Ekonomi tingkat SMA, yang sebelumnya belum banyak diteliti. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar, lalu dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode resitasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,980 dan signifikansi 0,000. Temuan ini merekomendasikan metode resitasi sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan tanggung jawab siswa, khususnya pada mata pelajaran Ekonomi.

Referensi

Apriyanti, F., Afiyanti, Y., & Firdaus, S. (2022). Analisis hubungan beban kerja dengan kondisi psikologis perawat relawan Covid-19. Syntax Idea, 4(1), 97–107. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v4i1.1734

Ariyani, S. M., Handayani, A., Setiawan, A., Studi, P., Pendidikan, F. I., & Pgri, U. (2023). Hubungan Konsep Diri terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XII SMA Teuku Umar Semarang. 02(September). https://doi.org/https://doi.org/10.61689/waspada.v11i2.470.g358

Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran (R. A. Darman (ed.)). Guepedia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=3KJKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=info:m0XJUerdxu0J:scholar.google.com&ots=AGRILQ_Grx&sig=4m3bgQrofeh9m7wVnlS_2QiXS6I&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Dr. Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=IeVNDwAAQBAJ

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode (Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter). Bogor: Ghalia Indonesia.

Khaerunnisa;Rama Bahaking. (2024). Landasan Teori Strategi Pembelajaran (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme dan Humanisme). Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(3), 425–432. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.12669234

Kurniawan, F. K. D., & Darmawan, D. (2024). Pendekatan multidimensional dalam penerapan teori behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan humanisme di pendidikan modern. Jurnal Pendidikan, Penelitian, Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 65–74.

Majid, A. (2017). Strategi pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Mursid, B. (2015). Pengembangan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran (A. Y. Wati (ed.)). Deepublish Publisher. https://repository.deepublish.com/media/publications/590353-model-model-pembelajaran-bab111c3.pdf

Rahman, S. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Ramli, Rosmiati; Baktiar, M. I. U. M. P. (2016). Efektifitas Penerapan Metode Resitasi video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas Vii Smp Muhammadiyah Parepare Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1–23. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/2596/1647

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631

Saputri, U. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. 1–151. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9078/1/UCI DUI SAPUTRI.pdf%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9078

Sari, S. A., & Dewi, T. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Trimurjo. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1), 1–23. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2040

Sari, S. A., & Dewi, T. A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 TRIMURJO. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1), 1–23. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2040

Sodikin, S., & Hartatiana, H. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Metematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel Di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(1 SE-Artikel), 76–96. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1225

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumardi, S. (2021). Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. In Deepublish. Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-19

Cara Mengutip

Damayanti, D., Fatchuroji, A., Thalib, N., & Hasanuddin, S. (2025). PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 265–274. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.185

Terbitan

Bagian

Artikel