PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN UNIVERSITAS CENDRAWASIH
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v2i2.156Kata Kunci:
Mahasiswa PPKn, Problematika Pembelajaran, Universitas CenderawasihAbstrak
Permasalahan dalam proses pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Cenderawasih masih menjadi isu krusial yang berdampak langsung terhadap efektivitas pembelajaran di kelas. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta memahami berbagai permasalahan pembelajaran mahasiswa PPKn UNCEN di kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan yakni purposive sampling. Hasil penelitian dilakukan melalui wawancara yang kemudian dikelompokkan dalam empat tema utama: kesatu, permasalahan strategi pembelajaran. Kedua, kendala pada akses teknologi. Ketiga, motivasi belajar yang kurang. Keempat, kondisi lingkungan belajar yang tidak kondusif.
Referensi
Astin, A. W. (1993). What Matters in College? Four Critical Years Revisited. San Francisco: Jossey-Bass.
Badan Pusat Statistik Papua. (n.d.). Suhu rata-rata menurut stasiun pengamatan (derajat Celsius), 2017–2019. https://papua.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTc3IzI=/suhu-rata-rata-menurut-stasiun-pengamatan.html
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university (4th ed.). Open University Press.
Deryane, I. (2023). Pentingnya soft skills terhadap pengembangan karir mahasiswa ke depan. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 68-75.
Heifetz, R. A., & Linsky, M. (2002). Leadership on the line: Staying alive through the dangers of leading. Harvard Business Review Press
Jalanidhi, D. G. (2017). Identifikasi hambatan-hambatan guru dalam pembelajaran di sekolah inklusif SD Negeri 2 Petir Piyungan, Bantul. Widia Ortodidaktika, 6(8), 823–833.
Katzenbach, J. R., & Smith, D. K. (1993). The wisdom of teams: Creating the high-performance organization. Harvard Business School Press.
Kompas.com. (2020, November 29). Berapa suhu ideal di dalam rumah? Kompas. https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/29/110400676/berapa-suhu-ideal-di-dalam-rumah-?page=all
Kuh, G. D. (2008). High-impact educational practices: What they are, who has access to them, and why they matter. Association of American Colleges and Universities.
Limbong, A. M., & Asbari, M. . (2023). Transformasi standar nasional dan akreditasi pendidikan Tinggi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 101–105. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.905
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan tantangan penggunaan artificial intelligences (AI) ChatGPT terhadap proses pendidikan etika dan kompetensi mahasiswa di perguruan tinggi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Oktaviyanti, I., Nurhasanah, N., Novitasari, S., & Setiawan, H. (2022). Identifikasi hambatan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran literasi pada masa pandemi di Lombok Tengah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4116–4123.
Paul, R., & Elder, L. (2006). Critical thinking: Learn the tools the best thinkers use. Pearson Prentice Hall.
Pemerintah Provinsi Papua. (n.d.). Keadaan topografi dan iklim. https://papua.go.id/view-detail-kabupaten-274/keadaan-topografi-dan-iklim.html
Rohaeni, A., & Wijiharta, W. (2022). Soft skill training as a success tool for college graduates. Youth & Islamic Economic Journal, 3(1), 6–13.
Rubin, R. B., & Morreale, S. P. (1996). Communication and human behavior. Wadsworth.
Sadiyah, A., & Wathon, A. (2022). Manfaat pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa. Sistem Informasi Manajemen, 5(2), 153-169.
Syarif, A. C. (2023). Analisa pemodelan sistem pembelajaran mandiri adaptif untuk menunjang pencapaian target pembelajaran lulusan. Tematika: Jurnal Penelitian Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 11(2), 57–66.
Wahyuhastufi, A. (2016). Identifikasi hambatan-hambatan guru dalam pembelajaran di kelas III A sekolah inklusi SDN Giwangan Yogyakarta. Basic Education, 5(2), 81–86.
Yulianti, S. D., Arini, R. E., & Fildansyah, R. (2023). Merangkul teknologi: Mengintegrasikan realitas virtual dalam pengalaman pembelajaran. Jurnal Pendidikan West Science, 1(6), 350–356. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.458
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ricky Engel Mawara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.