E-MODUL INTERAKTIF FISIKA DENGAN HEYZINE FLIPBOOK: PENGEMBANGAN DAN EVALUASI

Penulis

  • Nazma Yanti Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Eva Marlina Ginting Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i1.150

Kata Kunci:

ADDIE, E-Modul, Heyzine Flipbook

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul fisika berbantuan heyzine flipbook pada materi usaha dan energi yang layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada Kelas X SMA, serta untuk mengetahui respon peserta didik dan tingkat keefektifan E-modul yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian ini siswa kelas X SMAN 1 Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan penyebaran angket serta kusioner. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh validasi ahli materi sebesar 89,7% dalam kategori sangat valid, validasi ahli media sebesar 92,9% dalam kategori sangat valid, validasi oleh guru fisika sebesar 93,9% dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik pada uji kelompok kecil sebesar 91,5% dalam kategori sangat praktis dan uji kelompok besar sebesar 88,6% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan perhitungan dengan rumus N-gain diperoleh skor rata-rata sebesar 0,71 yang dikategorikan tinggi. Dengan demikian E-modul yang memiliki tingkat keefektifan yang sangat tinggi sehingga memenuhi kriteria kelayakan sebagai bahan ajar. Keunggulan utama E-modul ini terletak pada multimedia yang meningkatkan keterlibatan siswa dibandingkan E-modul lainnya. Namun, Penelitian ini masih terbatas pada satu sekolah dengan jumlah yang relatif kecil, sehingga masih diperlukan penelitian yang lebih luas untuk menguji generalisasi hasil.

Referensi

A’yuni, R. F., Mutaqin, A., & Pujiastuti, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 225–238.

Halawa, A. N., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 57–64.

Khasanah, I., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 34–44.

Latifah, N., Ashari, & Setyadi Kurniawan, E. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 1–7.

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.

Nuraeni, W. (2021). Pengembangan bahan Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Fisika. Instruksional, 3(1), 65–76.

Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. EDU PUSTAKA.

Nurmilah, N., Nana, & Sulistyaningsih, D. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Pembelajaran POE2WE Mengunakan Flipbook Maker Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 6(2), 107–118.

Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274.

Sani, R. A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. KENCANA.

Saraswati, A., Meilana, S. F., Wahyuningsih, S., Utami, S., Artiani, L. E., Syamiya, E. N., Jalal, N. M., Rahmiati, D., Wahab, A. Y. L., Suryadin, A., Shalahudin, M. I., Nihaya, M., Nur, J., & Rifai, M. H. (2022). Tantangan Pendidikan Di Era Digital 5.0. In Pendidikan Era 4.0. Yayasan Wiyata Bastari Samasta.

Sumarsono, L. M. A., & Anggaryani, M. (2022). Pengembangan E-book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(2), 24–32.

Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Joko, B. S. (2017). Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Yuniarrahmana, S., Matsuna, & A, S. L. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Fisika Untuk Siswa Kelas X Pada Materi Usaha Dan Energi Sma Negeri 1 Matan Hilir Utara. Prisma Fisika, 9(3), 213–220.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-21

Cara Mengutip

Hutagalung, N. Y., & Ginting, E. M. (2025). E-MODUL INTERAKTIF FISIKA DENGAN HEYZINE FLIPBOOK: PENGEMBANGAN DAN EVALUASI. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i1.150

Terbitan

Bagian

Artikel