TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KECERDASAN BUATAN
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i1.139Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan, Media Pembelajaran, Teknologi, TransformasiAbstrak
Penelitian ini berupaya untuk memberikan analisis komprehensif tentang integrasi AI dalam pendidikan yang menyoroti potensi transformasinya serta tantangan yang dihadapi. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai penerapan Artificial Intelligence dalam pembelajaran seperti personalisasi pembelajaran, tutor virtual dan penilaian adaptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur, dengan menelaah artikel-artikel ilmiah, buku, dan sumber-sumber akademis lainnya yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki potensi besar untuk merevolusi pendidikan melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik, efektif dan efisien diantaranya adalah personalisasi pembelajaran, tutor virtual, pengembangan konten pembelajaran interaktif dll. Selain itu terdapat berbagai tantangan yang perlu diatasi dalam pemanfaatan Artificial Intelligence adalah privasi data, ketergantungan siswa terhadap Artificial Inteligence dan kesenjangan digital.
Referensi
Anas, I.& Zakir, S. (2024). Artificial intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. Jurnal Sains Komputer&Informatika. Volume 8 (1) 35-46
Apriliani, Dini. 2024. Penggunaan artificial intelligence dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 7 (1) 15-21 https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262
Aprilia, A. H. Z. C.(2023). Artificial Intelligence. Artikel. Retrieve from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-bandaaceh/baca-artikel/16443/Artificial-Intelligence.html#:~:text=Artificial%20Intelligence%20(AI)%20atau,bahasa%20alami%2C%20dan%20pengambilan%20keputusan.
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Jurnal Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Faturrokhman, R. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa Di Sekolah Smk Pembangunan. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 (4) hal.713-721
Fitriani et al. (2024). Pengaruh Teknologi Kecerdasan Buatan (Ai) Perspektif Martin Heidegger. Jurnal Aqidah-Ta Vol 10 (1) 2024 38-50
Fricticarani. A., et al. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi. 4 Nomor (1), 56-68
Hakiki, M. & Fadli. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Bungo Vol 6 (2) 182-189
https://doi.org /10.19105/ghancaran.vi.11752
Hawa, S., Ishaq, Syah Putra, R., & Haq Rd, A. (2021). Personalisasi Dan Platform Pengajaran Digital (Blended Learning, Online Learning, Adaptive Learning). At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 20(1), 84-91. http://dx.doi:10.29300/atmipi.v20.i1.4153.
Manninen, Mika. (2022). Self-Determination Theory Based Instructional Interventions And Motivational Regulations In Organized Physical Activity: A Systematic Review And Multivariate Meta-Analysis. Psychology of Sport and Science. 1-17. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2022.102248
Muttaqin et. al. (2023) Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis: Langsa.
Rachmayant, I & Alatas, M.A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Special Edition: Lalonget IV 214-226.
Saleh, M. S., et al. (2023). Media Pembelajaran. Eureka Media Aksara: Purbalingga.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 2 (1): 43-48
Yulianti, G., Bernardi, B., Permana, N. & Wijayanti, F. A. K. W. (2023). Transformasi Pendidikan Indonesia: Menerapkan Potensi Kecerdasan Buatan (AI). Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 102–106. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.1076
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology. Vol 2 (1) 37-42.
Rosa, N.M. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 2(1) p. 157–163, 2024.
https://doi.org 10.62017/jpmi.v2i1.2487.
Russel, S. & Norwig, P. (2016) Artificial Intelligence: A Modern Aproach. In Pearson.
Ruswan, A. et. al. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 8 (1) 4007-4016.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Volume 6 (1) 41-53
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sunniyyatul Mustaghfiroh, Futika Permatasari, Imam Suhaimi, Beti Malia Rahma Hidayati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.