IMPLEMENTASI KURIKULUM PROTOTIPE DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.126Kata Kunci:
Implementasi Kurikulum Prototipe, Kemandirian BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas kurikulum prototipe dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X di SMKN 2 Pinrang. Kurikulum ini, yang menekankan pengembangan kemandirian dan potensi siswa, menunjukkan hasil positif dalam implementasinya. Berdasarkan angket kemandirian belajar, terjadi peningkatan signifikan dari 56,6% pada siklus I menjadi 81,2% pada siklus II, menandakan kenaikan sebesar 24,6%. Pencapaian ini melampaui target keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%. Peningkatan nilai rata-rata dari 56,6% ke 81,2% antara kedua siklus membuktikan keberhasilan intervensi kurikulum ini. Hasil yang menjanjikan ini diharapkan dapat mendorong perubahan positif dalam sistem pendidikan nasional, terutama dalam mata pelajaran IPA. Penerapan kurikulum prototipe ini bertujuan membentuk kemandirian belajar siswa, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pembaruan pendidikan di Indonesia.
Referensi
Ahmad, A. K. (2024). Kurikulum Merdeka dalam Studi Kasus PBL: Penerapan, Kendala, dan Solusi. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 3(1), 15-28.
Ahmad, A. K., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-13.
Ahmad, A. K., Ishak, I., & Afdalia, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 80-88.
Firmansyah, R. (2021, Desember 15). Guru Wajib Paham Paradigma Baru Dari kurikulum 2022.
Kemendikbud, P. W. (2021, Desember 23). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Dukung Pemulihan Pembelajaran.
Kurniasih, L. D. (2021, Desember 22). Kurikulum SMA 2022 TIdak ada Lagi Jurusan IPA, IPS dan Bahasa.
Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.
Sadewa Aristo Mohammad, (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan IntegrasiInterkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1).s
Slahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan
Susilo. (2021, Desember 05). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Kurikulum 2022-2024. Utami, D. (2022, Januari 3). Melihat Model Kurikulum Baru 2022.
V.Wiratna Sujarweni, 2014 Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Sukardi, 2013 Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jacob Utomo. (1980). Kemandirian Belajar Siswa Perlu Ditingkatkan. Jakarta: BumiAksara.
Rosnida. (2007). Kemandirian Dalam Perilaku. Jakarta: Bumi Aksara
Thursan Hakim. (2006). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Miles, Mattew B. dan A. Michel Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method.
Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Penerbit SUniversitas Indonesia (UI-PRESS).
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhajir, Neong, 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan positivistic, Rasionallistik, phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama.
Margaretha pn & Konten, Y.P (2001). Menggores Sebagai Masalah Pemecahan Komputasi Pemikiran dalam Kurikulum Prototipe. Jurnal in creat ( inovasi dan kreasi dalam teknologi informasi program studi informatika-Univ. Nusa. Nipa Maumere, 8.
Hanurawan, Fattah. 2016 Metode penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi. Jakarta: RajaGrapindo Persada.
Bungin, M.Burhan.2007. Penelitian kualitatif: komuniksi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Grup media kencana prenada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ade Wardiman, Sukman Sukman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.