PERBANDINGAN PENGARUH SISTEM BELAJAR ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP MOTIVASI DALAM KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.114Kata Kunci:
Keaktivan, PJOK, Sistem Belajar Offline, Sistem Belajar OnlineAbstrak
Studi ini mengkaji perbedaan dampak metode pembelajaran daring dan luring terhadap motivasi serta partisipasi aktif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Mengadopsi desain kuasi-eksperimental, penelitian ini membagi 60 siswa SMKN 1 Pinrang yang dipilih secara acak menjadi dua kelompok: satu mengikuti pembelajaran daring dan lainnya luring. Pengumpulan data dilakukan melalui tes motivasi dan pengamatan tingkat keaktifan siswa. Analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam motivasi dan keaktifan antara kedua kelompok, dengan kelompok daring menunjukkan level yang lebih tinggi pada kedua aspek tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran daring dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam PJOK. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar pengajar PJOK mempertimbangkan penggunaan metode pembelajaran daring untuk meningkatkan capaian belajar siswa.
Referensi
Abdulaziz, M. F., Dharmawan, D. B., & Putri, D. T. (2016). Motivasi mahasiswa terhadap aktivitas olahraga pada sore hari di sekitar area taman sutera universitas negeri semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2).
Aji, A. D. P., Widiyatmoko, F. D., & Prastiwi, B. K. (2020). Modifikasi Permainan Bola Voli (Moperboli) untuk Meningkatkan Aktivitas Gerak dan Teknik Dasar Passing Bawah pada Siswa SD Kelas Atas. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 4(2), 69-73.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring-Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish
Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Mahfud, C., Sudjatma, A., Indrawan, M. & Surtiari, I. G. A. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 100091.
Humaera, I., Sardi, A., Akbal, F. A., Amir, A. S., Hasyim, R., & Noni, N. (2023). EFL Students' Entrepreneurial Tendencies: Is It a Misdirected Issue?. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(3), 444-453.
Jauhari, M. N., Sambira, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhapad Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63-70
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya. Unesa University Press. Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.
Nurhayati, N., Nurhasanah, N., & Abdullah, D. (2016). Dinamika Motivasi Belajar Pada Siswa Mandiri di SMPN 10 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(2). 73-79.
Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner's Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. Electronic Journal of e-Learning, 12(4), 394-408
Rahmaniar, R., Surahmat, Z., Sardi, A., & Nurnaifah, I. I. (2024). Challenge and Opportunities: A Qualitative Exploration of Junior High School English Language Educators' Perspectives on Implementing Differentiated Instruction. JELITA, 5(1), 28-40.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Yusmar, A. (2017). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal pajar (pendidikan dan pengajaran), 1(1), 143-152
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ria Riska, Yasysyar Hidayat, Naedelasari Sri Wardani M. Natsir, Resty Sari Somakika, Asri Musfyradillah. M

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.