KONTRIBUSI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEPRIBADIAN ANAK DI MTSN PAREPARE
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v3i2.108Kata Kunci:
Guru Aqidah Akhlak, Karakter Kepribadian Anak, KontribusiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana guru Aqidah Akhlak berupaya membantu siswa mengetahui, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Tiga faktor utama yang mempengaruhi pembentukan kepribadian muslim, aqidah/tauhid, syariat, dan akhlak menjadi landasan analisis. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya pengajaran Aqidah Akhlak yang sungguh-sungguh dengan metode yang sesuai perkembangan anak. Temuan ini menegaskan signifikansi pendidikan Aqidah Akhlak dalam kurikulum untuk membentuk individu yang tidak hanya memahami ajaran Islam secara teoretis, tetapi juga mampu mengimplementasikannya, sehingga terbentuk kepribadian muslim yang berakhlak mulia. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang peran krusial guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan karakter siswa di lembaga pendidikan Islam.
Referensi
Azhar, K., & Sa’idah, I. (2017). Studi analisis upaya guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan potensi nilai moral peserta didik di MI Kabupaten Demak. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2).
Banna, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran aqidah akhlak. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(1).
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Sage Publications.
Denzin, N. K. (2017). The research act: A theoretical introduction to sociological methods. Transaction Publishers.
Geertz, C. (1973). The interpretation of cultures. Basic Books.
Handayani, F. (2020). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI05 LAWANGAGUNG SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Kalsum, K., Sardi, A., & Andini, N. (2023). THE QUALITY OF SUMMATIVE TEST MADE BY EFL TEACHER. Inspiring: English Education Journal, 6(1), 46-57.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Nanning, N., Latif, I., Nasrinda, P., & Sardi, A. (2024). Augmented Reality in 4D Flashcard: The Effects in Teaching Speaking Skill. JELITA, 5(1), 166-179.
Nuriyanto, L. K. (2014). Model kurikulum pendidikan agama Islam di SDIT al-Anwar dan Firdaus Mojokerto Jawa Timur. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 12(1), 15-26.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). Sage Publications.
Putra, P. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran aqidah akhlak (studi multi kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 147-156.
Ridwan, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi Di MAN 2 Kepahiang Kabupaten Kepahiang). SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 335-342.
Sardi, A., Haryanto, A., & Weda, S. (2017). The Distinct types of diction used by the efl teachers in the classroom interaction. International Journal Of Science and Research (IJSR), 6(3), 1061-1066.
Supandi, S., & Ahmadi, A. (2023). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH NOER FADILAH SUMBER PANJALIN AKKOR PALENGAAN PAMEKASAN. Journal of Education Partner, 2(2), 87-98.
Utami, S. V., & Agustia, N. R. (2023). KONTRIBUSI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAS AL-WASHLIYAH MEDAN. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 8(1), 306-316.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahdar Ahdar, Musyarif Musyarif, M Akib

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.