ANALISIS PENGARUH JENIS KELAMIN SISWA SD TANGGUL PATOMPO I KOTA MAKASSAR TERHADAP MINAT BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v3i1.103Kata Kunci:
Jenis Kelamin Siswa, Minat BelajarAbstrak
Peran jenis kelamin menjadi salah satu elemen yang berpengaruh pada perkembangan dan pencapaian siswa. Siswa laki-laki dan perempuan cenderung menunjukkan potensi dan minat yang beragam, sehingga memerlukan pendekatan yang sesuai dengan perbedaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak jenis kelamin siswa terhadap prestasi, baik secara akademik maupun non-akademik, di SD Tanggul Patompo I Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 siswa SD Tanggul Patompo I Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa laki-laki dan perempuan di SD Tanggul Patompo I Kota Makassar tidak berbeda. Namun, terdapat perbedaan minat dan bakat antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa laki-laki lebih unggul dalam mata pelajaran matematika dan IPA, sedangkan siswa perempuan lebih unggul dalam mata pelajaran bahasa dan IPS. Selain itu, siswa laki-laki lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, sedangkan siswa perempuan lebih aktif dalam kegiatan organisasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa di SD Tanggul Patompo I Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, terdapat perbedaan minat dan bakat antara siswa laki-laki dan perempuan, sehingga diperlukan penanganan yang berbeda pula.
Referensi
Ariani, I. N., & Sulistiyowati, E. (2022). Pengaruh jenis kelamin terhadap minat dan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 11(1), 1-12.
Auliya, D., & Marlina, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin: Adakah Pengaruhnya. JIPMat, 6(2), 179-193.
Azizah, N. R., Imamuddin, M., Aniswita, A., & Rahmat, T. (2022). Pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan jenis kelamin. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 199-206.
Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan emosi siswa ditinjau dari jenis kelamin dan jenjang kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 68-75.
Fadhila, F., & Rahmawati, I. (2021). Perbedaan minat belajar siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 11-19.
Hali, F., Paslina, E., Herlina, H., Rahayu, D., & Sari, D. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Masa Pandemi Covid-19. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 2(1), 52-59. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i1.234
Idrus, I., Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35-47.
Rusi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Mempertimbangkan Jenis Kelamin. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 10(1), 64-79. https://doi.org/10.18196/bti.101116
Sanjata, A. R. M. P., Sardi, A., & Muchtar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran tutor sebaya setting kooperatif. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 118-125.
Sardi, A., Palimari, P., & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 68-83.
Wulandari, A. D., & Wahyuni, S. (2020). Perbedaan minat belajar siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 208-214.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Arif Rahmat Eka Putra, Zulfikar Apriansyah Zainuddin, Sri Febrina Ramadhani, Rifka Rismawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.