PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.89Kata Kunci:
Aspek Kognitif dan Aspek Keterampilan, Hasil Belajar Matematika, Kecerdasan InterpersonalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami gambaran serta dampak kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika dalam aspek kognitif dan keterampilan pada peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri Sekecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex-post facto dengan pendekatan kausalitas. Populasi studi mencakup seluruh peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri Sekecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Sampel sebanyak 119 peserta didik dipilih dengan menggunakan metode stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan (1) Skala Kecerdasan Interpersonal, (2) Tes hasil belajar matematika dalam aspek kognitif, dan (3) Tes hasil belajar matematika dalam aspek keterampilan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode statistika deskriptif dan statistika inferensial, khususnya regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan utama: (1) Kecerdasan interpersonal peserta didik berada pada tingkat sedang, sementara hasil belajar matematika dalam aspek kognitif dan keterampilan berada pada tingkat sangat rendah. (2) Kecerdasan interpersonal memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dalam aspek kognitif peserta didik. (3) Kecerdasan interpersonal juga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika dalam aspek keterampilan peserta didik. (4) Terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika dalam aspek kognitif peserta didik. (5) Kecerdasan interpersonal juga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dalam aspek keterampilan peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri Sekecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.
Referensi
Abdul, R., A., Mohammad, T., Erik, V., Zainul, I., dan Ibnu, T., (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semeter I. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Adversity Quotient, P., Interpersonal, K., Visual-Spasial, K., & Kemampuan Berpikir, D. (2019). Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Bulukumba.
Anggari, A. S. A. (2021). Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Kemampuan Berpikir Logis dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MIPA SMA Negeri 4 Sidrap.
Cahyono. (2014). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar. Ekonomi Islami, 122–137.
Dwika Masni, E., Studi Teknik Informatika, P., Studi Pendidikan Matematika, P., Teknik Komputer, F., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Cokroaminoto Palopo, U. (n.d.). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.
Ervani & Rahmawati. 2014. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Cooperative Play pada Kelompok B di Daqu School Internas=tional Preschool Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Fajriani. (2017). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pedagogi, Vol 2 (1) hal 63-160. Palopo: Universitas Cokrominoto.
Fatia,U., (2016). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Dabin I Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Tesis diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Gordon, C. d. -C. (2013). Meningkatkan 9 Kecerdasan Anak. (Terjemahan Chynthia Rozyandra). Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Hildayani, R., Mayke., Rosdiana T., & Eko., (2007). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Handini, R. (2013). Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kembaran Kulon I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Istapra, E., Sasongko, Raambat N., Kristiawan, Muhammad, K., Raden G., T., Wahid, A., (2021). Interpersonal Intelligence: A Strengthening in Efforts to Improve Student Learning Achievement. The Asian Institute of Research, 4(2), 108–114.
Jumrah, J. (2017). Peningkatan pemahaman konsep geometri melalui metode demonstrasi siswa kelas V SDN 186 Lembang. Histogram, 1(1), 12-26.
Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 39-50.
Purnamasri, I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Pai Kelas XI SMAN 1 Tinambung. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(2), 260–272.
Rahmayani, S., Jumrah, J., Ahmad, A. K., & Sulaiman, A. Z. (2022). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1259-1265.
Rahmawati, D., (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta didik SD NEGERI PURWOYOSO 06 SEMARANG. Skripsi. (Online) (https://lib.unnes.ac.id/29172/1/1401412490.pdf, diakses pada 17 Agustus 2022).
Riswanto., A., (2017). Learning Motivation and Student Achievement: Description Analysis and Relationships Both. The International Journal of Counseling and Education (Couns-Edu), 2(1), 42–47.
Safaria, T. (2005). Interpersoal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.
Surjono, H. D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Terhadap Hasil Belajar. In Molucca Medica (Vol. 11, Issue April, pp. 13–45). http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed
Tojang, A. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru, Kepribadian Siswa, dan Potensi Akademik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Di Kabupaten Sinjai. Universitas Negeri Makassar.
Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya. Bandung: Citra Umbar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Janna

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.