OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Nurfajri Jamal MIN 2 Tana Toraja

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.88

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar, Asesmen Formatif, Keterlaksanaan Mengajar, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini meneliti dengan judul “Optimalisasi Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning. Dengan tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta Didik, 2) Untuk mengetahui aktivitas belajar matematika melalui pembelajaran problem based learning pada peserta didik, dan 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VB MIN 2 Tana Toraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Optimalisasi proses pembelajaran matematika dalam kelas dapat dicapai dengan mengaktifkan proses belajar yang berpusat kepada peserta didik memberikan kontribusi pada peningkatan aktivitas belajar sehingga hasil belajar matematika dapat meningkat mulai dari penggunaan model belajar, aktivitas belajar hingga hasil belajar matematika. Yang menjadi perbedaan antara peneliti sebelumnya ialah optimalisasi aktivitas dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian dan pembahasan ditemukan: 1) Penerapan PBL sebesar 52% dilaksanakan pada 3 tahap kegiatan awal hingga kegiatan penutup dengan melihat perbedaan hasil pelaksanaan antara siklus I dengan iklus II, 2) Aktivitas Peserta Didik sebesar 48% dilakukan observasi yaitu: a) Orientasi, b) Kolaborasi, c) Diskusi, d) Menyimpulkan, dan e) Persentase, dan 3) Hasil ketuntasan belajar matematika yang diperoleh memiliki perbedaan antara siklus I sebesar 72% sedangkan siklus II sebesar 86%.

Referensi

Ahmad, A. K. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 113(1), 140–149

Ahmad, A. K., & Walid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.12.

Andri. (2012). Upaya Peningkatan Pembelajaran Mikro Melalui Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning Untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 66(4), 37–39

Arifa, F. A., Bukhori, I. B., & Inzah, M. I. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Taruna Dra Zulaeha Leces Probolinggo. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 36. https://doi.org/10.30659/jpai.6.1.36-44.

Aziz, S. A., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 67–74. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.273.

Dasar, G. S., & Buton, U. M. (2024). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Matematika Siswa. 08(December 2023), 97–108

Fathiha, N., & Achadi, M. W. (2023). Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran SKI di MIN 4 Ponorogo. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 54–63

I Nengaj Nuarta. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 37–41. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057.

Ichiana, N. N., & Razzaq, Abdul; Ahmad, A. K. (2023). Orientasi Kurikulum Merdeka: Hambatan Belajar Matematika dalam Capaian Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1162–1173. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1389.

Idrus, Nirmala, S., & Sardi, A. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Teaching. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(1), 35–47. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.4.

Islam, U., Sumatera, N., Medan, U., Willem, J., Pasar, I., Medan, V., Sei, K. P., Kabupaten, T., Serdang, D., & Utara, S. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu Abdul Fattah Nasution. Journal on Education, 05(04), 17308–17313.

Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.

Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.

Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).

Jumrah, J., Hamdana, H., & Rahmayani, S. (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. 3(September), 515–525

Makmur, A. (2019). Application of Problem Based Learning Models to Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 10(18), 58–61. https://doi.org/10.7176/jep/10-18-08

Marannu, B. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Madrasah Negeri Di Kabupaten Gowa. Educandum, 7(1), 1–18. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/485.

Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97–106. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.293.

Pillawaty, S. S., Firdaus, N., Ruswandi, U., & Syakuro, S. A. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNINDA Gontor, 1, 602–611. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/9504.

Purwiniety, A. (2022). Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Administrasi Pajak pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 98–110. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.163.

Rosita, R., Sulaiman, A. Z., Jumrah, J., & ... (2023). Penguatan Pondasi Matematika dan Sains Anak Pendidikan Dasar. Jurnal Pengabdian …, 1–7. https://jurnal.itscience.org/index.php/jpmasdi/article/view/2468%0Ahttps://jurnal.itscience.org/index.php/jpmasdi/article/download/2468/1864.

Sedana, I. N. (2019). … Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia melalui Penugasan Mencontoh Penyiar Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/19398%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/19398/12920.

Tuo, M. A. A., & Ahmad, A. K. (2022). Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. … : Journal of Education Science, 1–11. http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/jse/article/view/29%0Ahttps://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/jse/article/download/29/21.

Yuniza Eviyanti, C., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the Students’ Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144. www.noveltyjournals.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Jamal, N. (2024). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(1), 40–53. https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.88

Terbitan

Bagian

Artikel