KESALAHPAHAMAN DAN KESALAHAN UMUM YANG DILAKUKAN SISWA SAAT MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DASAR

Penulis

  • Aurora Hidayah Uiversitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Difa Mariyatul Qibthiyyah UNIVERSITAS ISLAM ZAINUL HASAN GENGGONG
  • Nur Afifah UNIVERSITAS ISLAM ZAINUL HASAN GENGGONG

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.87

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Kesalahan, Kesalahpahaman, Matematika Dasar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan dan miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 63 siswa yang mengambil sampel sebanyak 2 siswa atau subjek dan mengambil mata pelajaran Matematika Dasar materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gading. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Dasar Matematika. Prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap utama, yaitu: (1) tahap persiapan: memaparkan materi SPLDV selama 1 jam; (2) pelaksanaan: subjek penelitian menyelesaikan Tes Dasar Matematika sebagai upaya pengumpulan data; dan (3) analisis data jawaban siswa terhadap soal Matematika Dasar untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak kesalahan dan miskonsepsi yang terjadi pada setiap soal disebabkan oleh kesalahan dalam perhitungan, konsep dasarnya, dan kesalahan dalam menarik kesimpulan. Selain itu, miskonsepsi juga terjadi ketika menyelesaikan permasalahan.

Referensi

Anugrahana, A. (2020). ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR. Sigma, 5(2). https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791

Cahyadi, M. R., Darmayanti, R., Muhammad, I., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). A Rubric for Assessing Essay Tests on Mathematical Problem-Solving Abilities. JOURNAL OF SCIENCE AND MATHEMATICS EDUCATION, 1(2). https://doi.org/10.51806/jspm.v1i2.55

Dwijayanti, I., Utami, R. E., & Nugroho, A. A. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN TPACK CALON GURU: ANALISIS KEMUNGKINAN KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SERTA STRATEGI PENCEGAHANNYA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4119

Fajarwati, A. N., & Hidayati, N. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Terhadap Materi Bangun Datar Segiempat. Maju, 8(1).

Hardiansyah, C., Manullang, B., & Purba, S. C. (2022). Error Analysis in Solving Logarithmic Problems of Grade X Science Students at Harapan Jaya High School. Brillo Journal, 1(2). https://doi.org/10.56773/bj.v1i2.13

Herna, H. (2018). Analisis Kesalahan Matematika Dikaitkan Met-Before Siswa pada Operasi Penjumlahan Pecahan Bentuk Aljabar. SAINTIFIK, 4(2). https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i2.177

Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Dan Kesalahan Prosedur Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2315

Insani, S. S., & Manoy, J. T. (2022). Concept Map and Misconceptions of Quadrilateral Geometry Material. MATHEdunesa, 11(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p230-242

Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.

Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.

Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).

Kartika Birawan, Amira Prameswati, Muhammad Gefika Abdulrafi, Siti Raina Az Zahra, & Ahmad Fu’adin. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sistem persamaan linear dua variabel di tingkat SMP. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.29

Lutfi Cahya Kurniawan, & Wahyuni, I. (2023). Studi Literatur : Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Pada Materi Himpunan. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1). https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.10

Mahmud, R. S., Hamdana, H., & Sarini, A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI PINRANG. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 78–90. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.72

Mataheru, W., Huwaa, N. C., & Matitaputty, C. (2021). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA DASAR SECARA DARING. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1). https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page45-50

Maulidya, S. R., & Saputri, N. I. (2016). Mengapa Siswa Menghadapi Kesulitan dalam Belajar Matematika? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2016.

Meisy, M. S. M., Tri Aniah, & Siti Salamah. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENYAJIAN DATA KELAS IX SMP SUNGAI RAYA. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2515

Nurfadillah, N., Muhlisa, N., Akram, A., & Samania, S. (2022). Implementation of the Learning Cycle Model in Mathematics Education as an Effort to Improve Learning Outcomes of Grade X Students at SMKS Muhammadiyah Bungoro. Guru Pencerah Semesta, 1(2). https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.608

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2). https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Rahayu, S., Setyawati, D. U., & Febrilia, B. R. A. (2021). Errors and Misconceptions in Algebra. Media Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4267

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Restuningsih, & Khabibah, S. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1). https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2078

Roselizawati Hj Sarwadi, H., & Shahrill, M. (2014). Understanding Students’ Mathematical Errors and Misconceptions: The Case of Year 11 Repeating Students. Mathematics Education Trends and Research, 2014. https://doi.org/10.5899/2014/metr-00051

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). The effectiveness of ethnomathematics in enhancing students' mathematical understanding. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02).

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Yuniarti, D. A., & Indah Sari, A. D. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PERKALIAN KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM YOSOWILANGUN. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 13(2). https://doi.org/10.31942/mgs.v13i2.7647

Yunita, A., Hamdunah, H., & Sovia, A. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Dasar untuk Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.954

Zebua, M. B., Harefa, A. O., & Harefa, A. R. (2022). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tugalaoyo. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(4). https://doi.org/10.55927/fjas.v1i4.1325

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Hidayah, A., Qibthiyyah, D. M., & Afifah, N. (2024). KESALAHPAHAMAN DAN KESALAHAN UMUM YANG DILAKUKAN SISWA SAAT MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DASAR. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.87

Terbitan

Bagian

Artikel