PROFIL KECERDASAN LOGIS MATEMATIS UNTUK MENGANALISIS LITERASI SISWA DALAM MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.463Kata Kunci:
Kecerdasan Logis Matematis, Literasi Matematika, Pembelajaran Adaptif, Sistem Persamaan Linear, Siswa SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa SMP berdasarkan profil kecerdasan logis-matematis mereka. Metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif digunakan. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas VIII SMPS Muhammadiyah Langsa, yang dikategorikan ke dalam tiga tingkat kecerdasan logis-matematis: tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian meliputi tes kecerdasan logis-matematis, tes literasi matematika berbasis sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi menunjukkan kemampuan literasi matematika yang lebih kuat dalam memahami, memodelkan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah kontekstual. Sebaliknya, siswa dengan profil kecerdasan sedang dan rendah menghadapi berbagai kesulitan dalam memecahkan masalah secara komprehensif. Temuan ini menyoroti peran penting kecerdasan logis-matematis dalam pengembangan literasi matematika siswa dan menggarisbawahi pentingnya penerapan strategi pengajaran yang terdiferensiasi dan adaptif yang disesuaikan dengan profil kognitif siswa
Referensi
Akras, A., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2024). Systematic Literature Review : Analisis Kemampuan Literasi Matematis di Kabupaten Serang. 08(03), 2158–2169. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3322
Asmal, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.122
Fitriani, N., & Nanna, W. I. (2023). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 5(1), 45–62. https://doi.org/10.29240/ja.v5i1.5234
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. (Vol. 8, Issue 9).
Hayati, L. S., Zamnah, L. N., & Zakiah, N. E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Siswa Smp. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 358. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6191
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecerdasan logis matematis siswa SMP dalam pembelajaran berbasis masalah. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 136. https://doi.org/10.35580/imed15325
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2021). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENSIKDA-3), Vol 3(1), 115–164.
Nadila, S. A., & Lestiana, H. T. (2024). Kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan gaya belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(3), 271–286.
Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 433–444. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6698
Purwanto, S. E., Nusantara, T., Sukoriyanto, S., & Irawan, E. B. (2021). Karakteristik penalaran kovariasional siswa SMP dalam mengkonstruksi grafik fungsi ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 61. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p61-71
Rahmawati, D., Purwanto, P., & Subanji, S. (2023). Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 187–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6756
Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2024). Asesmen diagnostik berbasis kecerdasan majemuk untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi matematika. Jurnal Elemen, 10(1), 156–170. https://doi.org/10.29408/jel.v10i1.9876
Setemen, K. (2019). Assessment and Intelligence of The Mathematical-Logical in Learning Computer Programming. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 178. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.17578
Shirawia, N., Alali, R., Wardat, Y., Tashtoush, M. A., Saleh, S., & Helali, M. (2023). Logical Mathematical Intelligence and its Impact on the Academic Achievement for Pre-Service Math Teachers. Journal of Educational and Social Research, 13(6), 239–254. https://doi.org/10.36941/jesr-2023-0161
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis (Analysis Of Cynnitive Ability In Troubleshooting Based On Logical-Material Intelligence). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998
Ulfah, M., Lukman, H. S., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kecerdasan Logika Matematika Siswa SMP. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 125–140. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.1702
Umami, C., Mustangin, & Walid, S. El. (2021). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. JP3, 16(12), 113–122. https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2644
Wijaya, A., & Masriyah, M. (2022). Profil pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan kecerdasan logis matematis pada pembelajaran berbasis realistic mathematics education. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 412–428. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p412-428
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2026 Nada Rifa Ristia, Srimuliati, Wahyuni, Mazlan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















