IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD

Penulis

  • Dila Eka Fitriyani Universitas Muria Kudus
  • Yuni Ratnasari Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.407

Kata Kunci:

Media MABAR, PBL, Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, desain pre-eksperimental dengan pola One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V SD 1 Pasuruhan Kidul yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar observasi, lembar dokumentasi, dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25 meliputi uji paired sample t test dan uji n-gain.  Hasil uji paired sample t test memperlihatkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa model dan media pembelajaran yang diterapkan berpengaruh. Sementara itu, hasil uji n-gain menunjukkan skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,87 yang termasuk dalam kategori tinggi dan nilai n-gain persen sebesar 87% dengan tafsiran efektif.

Referensi

Amaliyah, F., Sukestiyarno, Y. L., & Asikin, M. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2(1), 626–632.

Anggraeni, D. P., Ratnasari, Y., & Amaliyah, F. (2024). Model Pembelajran RME Berbasis Etnomatematika Batik Mangundipuro untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Penddidikan Dasar, 9(2477–2143), 1–11.

Ani, W. V. (2025). Inklusi : Jurnal Pendidikan Islam Dan Filsafat Yayasan Salmiah Education Global International ( YSEGI ) Peranan Guru Sebagai Fasilitator dalam Perkembangan Peserta. Pendidikan Islam Dan Filsafat, 51–60.

Anjani, S., Ratnasari, Y., & Amaliyah, F. (2025). Analisis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD. Taksonomi:Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5, 35–45.

Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990.

Ervina, A., Suharto, Y., & Rahmawati, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Journal of Geographical Sciences and Education, 1(2), 64–78. https://doi.org/10.69606/geography.v1i2.60

Fatmawati, N. F., Rohmah, S. F., Yaqin, M. A., & Amaliyah, F. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV SD Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 10(2), 119–124.

Hayati M, Nurmawati I, & Makki M. (2023). Model Problem Based Learning Dalam MeningkatkanKemampuan Berhitung Perkalian dan Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Vol.9, No.(4), 2036–2042. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5795

Kollo, N., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1452–1456. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3845

Kusumaningrum, S. R., Furqon, M. N., Ulya, W. J., & Amaliyah, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 2, 162–169.

Manjaniawati, S., Yusritawati, I., & Zaenal, R. M. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 378–391.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January). CV IRDH.

Nisak, K., & Istiana, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 91. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2540

Nur Aini, I., Ermawati, D., & Hilyana, F. S. (2024). Keefektifan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V melalui Aplikasi V-BAR Berbasis Android. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.4980

Nuraeni, W., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Bernalar Kritis melalui Motivasi Belajar Matematika dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Edumath, 9(2), 117–124.

Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372

Rangga Anggraeni, D., Suryo Bintoro, H., Ratri Rahayu, D., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2022). Efektivitas Model Accelerated-Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Bangun Ruang (Abaru) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 87–100. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/download/385/386

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning dengan Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar.

Rohmah, D. Z., Riswari, L. A., & Amaliyah, F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SILAW Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.5141

Sari, B. T. W., & Kristin, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Dan Model. Jurnal Basicedu, 4(2), 257–267.

Simanjuntak, A., Panjaitan, M., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Widyawati, R., & Koeswati, H. D. (2020). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Yuliastanti, N., Azizah, M., Sofiati, R. N., & Nuroso, H. (2024). Analisis Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 3 Pada Penerapan Problem Based Learning Di SD Supriyadi 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 9407–9416.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-17

Cara Mengutip

Fitriyani, D. E., Ratnasari, Y. ., & Amaliyah, F. . (2025). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 5(1), 91–103. https://doi.org/10.58917/ijme.v5i1.407

Terbitan

Bagian

Artikel