PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT PADA TOPIK BILANGAN BULAT

Penulis

  • Emerensiana Dhiki Dadi Universitas Flores
  • Yusuf Jimilianus Nuwa Universitas Flores
  • Viktoria Lelu Blikololong Universitas Flores
  • Quirinus Yju Universitas Flores
  • Selfi Maret Muke Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.278

Kata Kunci:

Bilangan Bulat, Hasil belajar, Media visual, N-Gain, Power Point animasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan media PowerPoint animasi berdampak pada seberapa baik siswa belajar matematika tentang materi bilangan bulat. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain satu grup pretest-posttest. Ada sepuluh siswa di salah satu sekolah menengah swasta di Kabupaten Ende yang saat ini berada di kelas XI dalam sampel penelitian. Hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan dievaluasi dengan instrumen tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata pada pretest meningkat dari 62,50 menjadi 84,30 pada posttest; nilai median meningkat dari 60,00 menjadi 85,50, dan nilai modus naik dari 60 menjadi 73. Dengan standar deviasi 0,44712 dan nilai rata-rata N-Gain 0,5220, peningkatan ini berada dalam kategori sedang menuju tinggi.  Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media, menurut hasil uji paired sample t-test, yang menunjukkan nilai signifikansi di bawah 0,01.  Hasil ini menunjukkan bahwa PowerPoint animasi adalah alat pembelajaran yang efektif, terutama untuk membantu siswa belajar tentang bilangan bulat dan matematika yang abstrak.

Referensi

Anggraini, D. V., Bina, U., & Informatika, S. (2024). Hasil belajar matematika pada kurikulum merdeka, 7(2), 139–146.

Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.

Azizah, N. (2025). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 45-60.

Badriyah. (2015). Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1), 21–36.

Belajar, H., & Pembelajaran, M. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV, 4(1), 158–172.

Drs. Rudi Susilana, M.Si, Cepi Riana, M. P. (2009). Buku Media Pembelajaran gunawan.

Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).

Jumrah, J. (2025). Exploring Numeracy Games as an Ice-Breaking Strategy: Impact on Mathematics Learning Achievements. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 813-826.

Khasanah, U., & Pd, M. I. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMUNICATION TECHNOLOGY ( ICT ).

Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V Di Sd Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 05(1), 88–99.

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 65. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Ramdhani, M. Y., Ahyar, D. B., Hasanah, M. M., Ramdani, A. P., Sudarajat, A. R., Al, S., & Cipulus, B. (n.d.). Optimalisasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif Di Blkk Anwariyah Sukajaga, 3(1), 81–87.

Yulis, E., & Rosyid, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Video Berbasis Powerpoint Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Annur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 794–804.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-06

Cara Mengutip

Dadi, E. D. ., Nuwa, Y. J., Blikololong, V. L. ., Yju, Q. ., & Muke, S. M. . (2025). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT PADA TOPIK BILANGAN BULAT. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(2), 317–325. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i2.278

Terbitan

Bagian

Artikel