Pengaruh Disiplin Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Sitti Rahmayani STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang
  • Hamdana Hamdana STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.20

Kata Kunci:

Disiplin Guru, Efektivitas Pembelajaran, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke disiplin guru matematika berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2, berjumlah 35 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket, observasi dan wawancara. Hasil analisis sebagai berikut: 1). Hasil analisis menunjukkan bahwa yang memiliki pengaruh disiplin guru matematika terhadap aktifitas pembelajaran matematika sangat baik sebanyak 20 siswa dengan 57,14%, sedangkan yang memiliki persepsi baik sebanyak 14 siswa atau 40.00%. Yang memiliki persepsi yang cukup baik 1 siswa atau 2,86%. Jadi siswa yang memiliki pengaruh yang baik terhadap disiplin guru mengajar adalah sebanyak 35 siswa dengan 100%. 2).Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi dalam mengikuti pelajaran berjumlah 21 siswa dengan 60,00% dan yang mempunyai motivasi tinggi 14 siswa dengan 40,00%. Tidak ada siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan mempunyai motivasi rendah dengan persentase 0%.

Biografi Penulis

Hamdana Hamdana, STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Rahmayani, S., & Hamdana, H. (2022). Pengaruh Disiplin Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.20

Terbitan

Bagian

Artikel