ANALISIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN KESEBANGUNAN
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.152Kata Kunci:
Aktivitas Siswa, Kesebangunan, Pembelajaran Aktif, Penemuan Terbimbing, Perangkat PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat pembelajaran penemuan terbimbing tentang materi kesebangunan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran penemuan terbimbing. Model pengembangan perangkat penelitian menggunakan modifikasi dari model 4-D.Namun, dalam penelitian ini, pengembangan perangkat hanya mencapai tahap develop saja. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SLTP Negeri 7 Amuntai semester ganjil tahun pelajaran 2003/2004. penelitian ini menghasilkan beberapa perangkat pembelajaran penemuan terbimbing pada materi kesebangunan. Perangkat yang dimaksud meliputi: (1) Rencana Pembelajaran (RP), (2) Buku Siswa, dan (3) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), serta lembar pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran. Hasil analisis deskriptif data pengamatan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran penemuan terbimbing dapat memungkinkan siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa siswa menghabiskan 90,12% dari waktu mereka yang tersedia untuk belajar secara aktif. Hanya 8,97% dari waktu yang tersedia digunakan siswa untuk mendengarkan penjelasan guru, dan 0,91% dari waktu yang tersedia digunakan siswa untuk berperilaku tidak relevan dengan kegiatan selama proses pembelajaran.
Referensi
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Rahmayani, S., Jumrah, J., Hamdana, H., & Muhardi, M. (2024). Analisis Hasil Belajar, Aktivitas Belajar dan Respon Belajar Matematika melalui Quantum Teaching kelas VII3 SMP Negeri 1 Batulappa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 668-674.
Anggriani, S. J. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Fisika. Al Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 42–57. http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/10
Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.
Azka, R. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GAYA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Raekha. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 8(5), 55.
Depdikbud. (1994). Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Matematika SLTP. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamdana, Jumrah, Razzaq, A., & Asmawati. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Education Journal, 5(3), 14.
Jumrah, J. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 186 LEMBANG. Histogram, 1(1), 12–26.
Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JMLIPARE, 8-19.
Jumrah, J. (2023). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.30598/pattimurasci.2023.knmxxi.46-53
Rambe, S. F., Nasution, M. D., & Irvan, I. (2022). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP PAB 2 Helvetia. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 245. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.221
Simanullang, S. R., Nasution, M. D., Irvan, I., & Azis, Z. (2022). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Menggunakan LKPD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 1. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.227
Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Zakkir, Indahwaty, isna pujianti, Nurvadillah Angraini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.