PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI AJAR PERBANDINGAN

Penulis

  • Nidya Nina Ichiana UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.151

Kata Kunci:

Materi Ajar Perbandingan, Pembelajaran Matematika Realistik, Pengembangan Perangkat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Matematika Realistik (RME) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi perbandingan di kelas VII. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest, yang melibatkan 30 peserta didik sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada pemahaman peserta didik, tercermin dari skor rata-rata pretest yang meningkat dari 58.12 menjadi 67.51 pada posttest, dengan hasil uji paired sample t-test menunjukkan p-value < 0.05. Peningkatan ini juga didukung oleh data observasi yang menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi dan lebih antusias dalam menyelesaikan tugas berbasis konteks kehidupan sehari-hari. Temuan ini sejalan dengan teori konstruktivisme dan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis konteks nyata dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika secara lebih mendalam. Meskipun demikian, beberapa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep perbandingan dalam situasi yang lebih kompleks. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pembelajaran matematika dengan mengusulkan penggunaan pendekatan RME sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik.

Biografi Penulis

Nidya Nina Ichiana, UIN Alauddin Makassar

 

 

Referensi

Ahmad, A. K. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 113(1), 140–149.

Ahmad, A. K. (2024). Kurikulum Merdeka dalam Studi Kasus PBL: Penerapan, Kendala, dan Solusi. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 3(1), 15–28. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v3i1.8338

Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1193–1202. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.791

Fitriyana, Z. N., Mailizar, M., & ... (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. … Pendidikan Matematika …. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/10014

Hidayat, Y. R., & Fasha, L. H. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas IV SD Negeri 195 Isola Kota Bandung. COLLASE (Creative of Learning …. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5577

Ichiana, N. N., & Razzaq, Abdul; Ahmad, A. K. (2023). Orientasi Kurikulum Merdeka: Hambatan Belajar Matematika dalam Capaian Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1162–1173. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1389

Manik, E. (2020). Ethnomathematics dan Pendidikan Matematika Realistik. … Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika …. https://uhn.ac.id/files/akademik_files/2105100952_2020_Ethnomathematics dan Pendidikan Matematika Realistik_11111.pdf

Maulida, S. S. (2017). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI Salafiyah …. etheses.iainponorogo.ac.id. http://etheses.iainponorogo.ac.id/1964/1/Sada Sikana Maulida.pdf

Nasution, Z. M., Surya, E., & ... (2017). … Masalah Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diberi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendidikan Matematika Realistik Di Smp Negeri 3 …. … MATEMATIKA. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/8688

Prasetyo, B., Yuwono, C., Mubarok, D., & Praneswari, P. M. (2023). Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), SNPPM2023P-225.

Putri, D. P., Sulaiman, H., Wahyuni, I., & ... (2017). Kajian Pemodelan Matematika dengan Konsep Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Persamaan …. Repository FKIP …. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/repository/article/view/277

Rosita, R., Sulaiman, A. Z., Jumrah, J., & Ahmad, A. K. (2023). Penguatan Pondasi Matematika dan Sains Anak Pendidikan Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Disiplin Ilmu, 1(2), 1–7.

Rosita, Sulaiman, A. Z., & Haruna, S. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.33

Simamora, N. I., Simamora, E., & Dewi, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan …. … : Jurnal Pendidikan Matematika. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1740

Siregar, N. N. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan Konvensional. ITTIHAD. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/59

Syahri, A. A., & Bahar, E. E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Aksioma. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/1902

Syaputra, D. A., Mulyono, M., & Hasratuddin, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 721–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1225

Tuo, M. A. A., & Ahmad, A. K. (2022). Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. … : Journal of Education Science, 1–11. http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/jse/article/view/29%0Ahttps://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/jse/article/download/29/21

Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Prima Edukasia. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1171910%5C&val=7204%5C&title=Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD

Yulianty, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Alat Musik Melayu Khas Bengkalis Riau. repository.uir.ac.id. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7389

Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi …. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2672

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Ichiana, N. N. (2025). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI AJAR PERBANDINGAN . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 34–44. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.151

Terbitan

Bagian

Artikel