ANALISIS PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKER TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.149Kata Kunci:
Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika, Teknik Ice BreakerAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh teknik Ice Breaker terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 2 Patampanua. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental dan desain one-group pretest-posttest, penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari skor rata-rata pretest 48,61 menjadi 73,68 pada posttest. Sebelum penerapan, 78,6% siswa berada pada kategori sangat rendah, sedangkan setelah penerapan teknik Ice Breaker, 89,3% siswa mencapai kategori cukup dan 10,7% kategori tinggi. Tingkat keaktifan siswa mencapai 89,09%, melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan (75%). Analisis statistik menggunakan uji t menghasilkan t-hitung 17,213 > t-tabel 2,052 (α=0,05), menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penerapan teknik Ice Breaker. Hasil ini membuktikan bahwa teknik Ice Breaker efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penciptaan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membantu siswa mempertahankan fokus selama proses pembelajaran.
Referensi
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Rahmayani, S., Jumrah, J., Hamdana, H., & Muhardi, M. (2024). Analisis Hasil Belajar, Aktivitas Belajar dan Respon Belajar Matematika melalui Quantum Teaching kelas VII3 SMP Negeri 1 Batulappa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 668-674.
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Anggraini, R. (2018). Skripsi: Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28–34.
Atikah, N., & Jumrah, J. (2024). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 100-113.
Aziz, F.(2019). Sripsi: Pengaruh Permainana Ice Breaking Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.
Hidayati, N. M. (2018). Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Motivasi Pembelajaran Di Kelas-kelas Inspirasi . Surakarta: CV. Kekata Group.
Insani, G. N., Reygita, H., Syafitri, M. A., & Rostika, D. (2023). Increasing Student Learning Motivation with the Application of Ice Breaking in Grade IV of State Elementary School 262 Panyileukan Bandung City. AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 1030–1033. https://doi.org/10.57235/aurelia.v2i2.622
Ishak, & Rosita. (2022). PENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 14–23.
Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).
Jumrah, J., Hamdana, H., & Rahmayani, S. (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 515–525. https://doi.org/10.29303/griya.v3i3.360
Lestari, N., Syaimi, K. U., & Nurmairina, N. (2023). Penerapan Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa PGSD UMN Al Washliyah. Journal on Education, 5(3), 6314–6319. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1407
Muhtarom, Adrillian, H., H, A. B. H. M. ., & Marfianto. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika Volume, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.36526/tr.v
Riga Ambini, Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Melalui Pemberian Ice Breaker Pada Siswa Kelas V SDN Monggang Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 29 Tahun ke-5, 2016), h.
Riskawat. (2017). Skripsi: Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Negeri 87 Manipi Kecamatan Sinjai-Barat. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar..
Riya susanah, d. (n.d) (2014). Penerapan permainan penyegar ice breaking dalam pembelajaran fisiska untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.43
Rosita, R., Jumrah, J., Rahmayani, S., & Hamdana, H. (2024). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Pelatihan Tools AI untuk Mendukung Pengajaran dan Administrasi Guru. Room of Civil Society Development, 3(6), 235-246.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet
Slameto, 2016.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi,Jakarta: Rineka Cipta. Ahmad Thobroni dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Azizah, Jumrah Jumrah, Rosita Rosita

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.