LEARNING LOSS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP SE-KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT

Penulis

  • Fonni Yusdian Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kana Hidayati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.147

Kata Kunci:

Covid-19, Learning Loss, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena learning loss pada pembelajaran matematika akibat pandemi covid 19 berdasarkan data hasil belajar matematika sebelum, selama dan sesudah pandemi covid 19. Metode yang digunakan adalah penelitian kombinasi (mixed method) dengan desain explanatory sequential, di mana tahap kuantitatif dilaksanakan terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh tahap kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh SMP di Kabupaten Solok, dengan sampel sebanyak 18 sekolah yang dipilih melalui stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sekolah, baik sekolah dengan akreditasi A, B, maupun C mengalami learning loss yang signifikan akibat pandemi, khususnya pada aspek pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil two-way anova mengonfirmasi adanya perbedaan signifikan dalam pengaruh waktu dan akreditasi sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP, dengan nilai signifikansi akreditasi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti H1 diterima. Kuesioner yang diberikan kepada guru menunjukkan bahwa guru menyadari learning loss di semua aspek pada siswa. Wawancara lebih lanjut mempertegas temuan ini. Beberapa guru yang menyatakan bahwa learning loss terutama terlihat pada aspek pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IX SMP. Namun, guru tersebut mengamati bahwa sikap siswa di beberapa sekolah tetap positif setelah pandemi, yang diduga dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal mereka. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya learning loss pada pembelajaran matematika kelas IX di SMP se-Kabupaten Solok, dan tingkat learning loss bervariasi tergantung pada akreditasi sekolah.

Referensi

Almutairi, B. A., Alraggad, M. A., & Khasawneh, M. (2020). The impact of Servant Leadership on Organizational Trust: The Mediating Role of Organizational Culture. European Scientific Journal ESJ, 16(16), 1–10. https://doi.org/10.19044/esj.2020.v16n16p49

Almutairi, T., Alhoshan, H., Alghamdi, F., & Awad, A. (2020). Understanding and Evaluating Online Education During COVID-19. Journal of Educational Technology Systems, 49(2), 172–184.

Andrabi, T., Daniels, B., & Das, J. (2021). Human Capital Accumulation and Disasters: Evidence from the Pakistan Earthquake of 2005. Journal of Human Resources, May, 0520-10887R1. https://doi.org/10.3368/jhr.59.2.0520-10887r1

Asim, S., & Parajuli, D. (2020). The impact of Ebola on education in West Africa. World Bank Policy Research Working Paper.

Cooper, H., Nye, B., Charlton, K., Lindsay, J., & Greathouse, S. (2003). The effects of summer vacation on achievement test scores: A narrative and meta-analytic review. Review of Educational Research, 66(3), 227–268.

Creswell, J. W. (2013). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

De Giusti, A. (2020). Policy Brief: Education during COVID-19 and beyond. Revista Iberoamericana de Tecnología en Educación y Educación en Tecnología, 26, e12. https://doi.org/10.24215/18509959.26.e12

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning Loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118

Harmey, S., & Moss, G. (2021). Learning disruption or Learning Loss : using evidence from unplanned closures to inform returning to school after COVID-19. Educational Review, 00(00), 1–20. https://doi.org/10.1080/00131911.2021.1966389

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2021). Dampak Pandemi COVID-19 pada Hasil Belajar Siswa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, 33, 1–5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat coronavirus disease (COVID-19).

Kerry, T., & Davies, B. (1998). Summer Learning Loss : The evidence and a possible solution. Support for Learning, 13(3), 118–122. https://doi.org/10.1111/1467-9604.00072

Kuhfeld, M., Soland, J., Tarasawa, B., Johnson, A., Ruzek, E., & Liu, J. (2020). Projecting the Potential Impact of COVID-19 School Closures on Academic Achievement. Educational Researcher, 49(8), 549–565. https://doi.org/10.3102/0013189X20965918

Schleicher, A. (2020). The impact of COVID-19 on education insights from education at a glance. Paris: OECD Publishing.

SKB 4 Menteri Republik Indonesia. (2021). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021. SKB 4 Menteri Republik Indonesia tentang Panduan Pembelajaran Tatap Muka. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB 4 MENTERI PANDUAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA.pdf

World Bank. (2021). Pandemi Learning Loss and Education Equity in Mathematics. Washington, DC: World Bank.

World Bank. (2021). The impact of COVID-19 on education systems in low- and middle-income countries. Washington, DC: World Bank.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Yusdian, F. ., & Hidayati , K. . (2025). LEARNING LOSS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP SE-KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.147

Terbitan

Bagian

Artikel