DAMPAK IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v4i1.146Kata Kunci:
Kepercayaan diri, matematika, PBLAbstrak
Studi ini didasarkan pada kurangnya kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas, seperti yang terlihat dari ketakutan mereka menjawab pertanyaan di depan kelas dan ketidakmampuan mereka untuk melakukannya.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kepercayaan diri siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika di MI Aswaja Besole. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain angket awal dan angket akhir. Sampel penelitian berjumlah 55 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika.
Referensi
Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1193–1202. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.791
Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28–34.
Anggitawati, B. H., Hadiyanti, A. H. D., & Kriswanto, Y. B. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 23(2), 159-174.
Ayu, D., & Putri, A. (2024). RUANG BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP BERPIKIR KREATIF MATEMATIS KELAS 2 SEKOLAH DASAR
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72.
Iqbal, A. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Jumrah, J. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 186 LEMBANG. Histogram, 1(1), 12–26
Nasution, Z. M., Surya, E., & ... (2017). … Masalah Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diberi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendidikan Matematika Realistik Di Smp Negeri 3 …. … MATEMATIKA. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/8688
Rosita, R., Sulaiman, A. Z., Jumrah, J., & Ahmad, A. K. (2023). Penguatan Pondasi Matematika dan Sains Anak Pendidikan Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Disiplin Ilmu, 1(2), 1–7.
Siregar, S. H. (2023). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar matematika siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Violda Nofirstka Arviariani, Dya Ayu Agustiana Putri, Leny Suryaning Astutik

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.