PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA: DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR

Penulis

  • Marta Alfi Yulitasari Balaweling Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.58917/ijme.v3i2.107

Kata Kunci:

Karakteristik Guru, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh persepsi siswa mengenai karakteristik guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 10 Kupang. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis. Populasi penelitian terdiri dari 109 siswa kelas VIII SMPN 10 Kupang, dan sampel yang diambil sebanyak 86 siswa. Data mengenai persepsi siswa terhadap karakteristik guru diperoleh melalui kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas X (persepsi siswa tentang karakteristik guru) dan variabel terikat Y (prestasi belajar matematika). Kontribusi variabel bebas X terhadap variabel terikat Y tercatat sebesar 53% dan 6,1%, dengan kontribusi gabungan sebesar 7,3%. Ini mengindikasikan bahwa persepsi siswa tentang karakteristik guru memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap karakteristik guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika mereka.

Referensi

Ahmad, A. K., Razzaq, A., Jumrah, J., Asmawati, A., & Hamdana, H. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1193-1202.

Ali, M. S. (n.d.). Hubungan kinerja guru dan motivasi dengan hasil belajar fisika peserta didik sma negeri di kota watampone. 37–54.

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28–34.

Anggriani, S. J. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Fisika. Al Irsyad Journal of Physics Education, 1(1), 42–57. http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/wjpe/article/view/10

Azka, R. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GAYA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Raekha. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 8(5), 55.

Hamdana, H., Jumrah, J., Razzaq, A., & Asmawati, A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Pasca Pandemi. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 14-27.

Jumrah, J., Hamdana, H., & Rahmayani, S. (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 515–525. https://doi.org/10.29303/griya.v3i3.360

Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).

Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.

Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.

M. Najicun, W. W. (2017). Hubungan persepsi siswa dengan gaya mengajar guru matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 139–146.

Mawaddah, M., Nur, J., Ahmad, A. K., & Indahwaty, I. (2023). Efektivitas model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 97-106.

Nur’aini, D. K., & Ruslau, M. F. V. (2023). Persepsi siswa terhadap kinerja guru matematika pada kompetensi profesional. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 30–41.

Rahmayani, S., Jumrah, J., Ahmad, A. K., & Sulaiman, A. Z. (2022). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1259-1265.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Balaweling, M. A. Y. (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA: DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR . Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(2), 114–123. https://doi.org/10.58917/ijme.v3i2.107

Terbitan

Bagian

Artikel