PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA DAPAT DITINGKATKAN DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.105Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika, Problem SolvingAbstrak
Artikel ini mengeksplorasi implementasi model problem solving dalam pengajaran matematika dalam kurikulum mandiri. Merdeka Belajar, sebuah program kebijakan yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, menekankan pentingnya para pendidik mengadopsi kebebasan berpikir sebelum menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Dalam kurikulum mandiri, model problem solving menjadi pendekatan berkualitas dalam pendidikan matematika. Metode ini melibatkan interaksi aktif dan mandiri dengan materi untuk memperoleh pemahaman menyeluruh dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif, dengan fokus pada pengumpulan data dalam bentuk informasi teks.
Referensi
Afidati, M., & Malasari, P. N. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIVISME. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67-77.
Andri Setriyadi, A. H. H. (2021). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa melalui Kemandirian Belajar. Utile: Jurnal Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.37150/jut.v7i2.1277
Cresli, E. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar. Dinamis, 16(2).
Fitrah, M. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA SMP. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70
Jaswandi, L., & Kartiani, B. S. (2022). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 7(2). https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.4888
Jumrah, J. (2023, June). Mathematical Problem-Solving Ability of Rational Personality Students. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 46-53).
Jumrah, J. (2023). Peranan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 2(1), 8-19.
Jumrah, J. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141-158.
Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Problem Solving. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 39-50.
Kurnia, T., & Novaliyosi, N. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1702
Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3). https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Mubarrod, A. S., & Abdullah, K. (2023). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi Jakarta Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1692
Niswati, S. (2020). Pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1).
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1).
Purba, J. P. (2021). Pemecahan masalah dan penggunaan strategi pemecahan masalah. Artikel P.J.Purba.
Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026
Sampini, S., Mustaji, M., & Harwanto, H. (2021). Problem based learning dan Problem solving Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar Ilmu, 26(1). https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31501
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).
Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1). https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88
Yasir, M. (2022). Peran Pentingnya Pendidikan dalam Perubahan Sosial di Masyarakat. Seri Perubahan Sosial.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Silfa Diana Wati, Nendi Alfiyatul M, Syamsuddin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.