PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V

Penulis

  • Nazilah Rikhmatus Silmi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Diyas Age Larasati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Endang Noerhartati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.321

Kata Kunci:

Assemblr Edu, Augmented Reality, IPAS, Media Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini berawal dari adanya masalah mengenai proses pembelajaran yang kurang efektif pada siswa dan guru kelas belum memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk menggembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Assemblr Edu. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan ADDIE yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi dan dianalisis menggunakan skala likert. Hasil validasi menunjukkan media pembelajaran yang dirancang memperoleh persentase kelayakan sebesar 84% dari ahli media dan 95% dari ahli materi, yang keduanya dikategorikan sangat valid. Media pembelajaran dirancang dalam bentuk card yang terintegrasi dengan visualisasi 3D melalui pemindaian barcode menggunakan aplikasi Assemblr Edu, sehingga mempermudah siswa memahami materi secara interaktif. Media dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai alternatif dalam mendukung proses pembelajaran IPAS di kelas V.

Referensi

Agita, S. C., & Arifin, S. F. A. (2024). Pengembangan Media Edugame Getar Sidaqu Berbasis Remo Gagrak Anyar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas V SDN Penjaringansari 2. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 229–241. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i2

Annisa, N., Iskandar, S., & Nuraeni, F. (2024). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Assemblr Edu dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA pada Materi Fotosintesis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 846–857.

Ernawati, D., Riswari, L. A., Wijayanti, E., Prameswari, A., & Lathif, M. I. A. L. (2024). Pengaruh Media Mabarung Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Matematis Siswa SD. SCIENTIA: Social Sciences & Humanities, 3(2), 327–333. https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.324

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Mutiara, E. A., Nisrina, F. A., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(3), 596–606. https://doi.org/10.53515/qodiri

Larasati, D. A. (2021). Penggunaan Media SWAY dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid Tema Karakteristik Geografis Indonesia Kelas V SD.

Mukti, D. S., Mulia, R. I., Khazanah, N. U., Putri, S. D. K., Merliana, F., Marosgun, V. S., & Anggrasari, L. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Materi Organ Tubuh Manusia Untuk Kelas 4 Sekolah Dasar. SENASSDRA : Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 3(3), 191–200. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Muriani, Rahmatika, D., & Yeni, D. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Magisma, Vol. 11 No. 2, 116–121.

Mutiara, Karlina, N., Rahma, L., Lusiana, Nurnabila, Ramadhan, S., & Nurdiniawati. (2024). Pemanfaatan Alat Peraga Augmented Reality (AR) Menggunakan Assemblr Edu Bagi Anak Spirit Nabawiyah Comuniti (SNC). Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2)(2), 144–157. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1120

Nabila, K. S., Sielvyana, & Rustini, T. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan di SD Kelas 4. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3953–3960.

Nada, A. Q., Firman, & Desyandri. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4723–4733.

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berlandaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1)(1), 182–187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746

Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr

Syofian, A., & Fauzi, S. N. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart Pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Journal for Teachers and Learning, 1(2), 24–38.

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 3(5), 210–217. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575

Zahra, L., & Yunisrul. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA PEMBELAJAAN SENI RUPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6238–6251.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-07

Cara Mengutip

Silmi, N. R., Larasati, D. A., & Noerhartati, E. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 528–538. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.321

Terbitan

Bagian

Artikel