ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI BANGUN DATAR DALAM MENINGKATKAN ANTUSIASME SISWA

Penulis

  • Syaikhan Aufi Ardiansyah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Qoriatul Fadilah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Sofiatul Adawiyah Fatha Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Mauidatul Hasanah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Nabila Maula Zakia Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Nur Anisa Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Ahmad Sudi Pratikno Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.288

Kata Kunci:

Antusiasme, Efektivitas, Model pembelajaran, STAD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa kelas IV SDN Tanjung Jati 2 pada materi bangun datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan yang diperoleh dari observasi para pendidik, yang mengindikasikan bahwa meskipun model pembelajaran STAD telah diterapkan, tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran masih menunjukkan variasi yang signifikan. Penenlitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, metode ini diterapkan dengan sampel 20 siswa menggunakan teknik sensus sampling. Pengumpulan data meliputi observasi partisipatif pasif, wawancara semi-terstruktur, dan angket berbasis skala Likert 4 poin. Analisis data mengacu model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan mayoritas siswa mengalami peningkatan antusiasme: 65% senang belajar, 70% terbantu oleh teman sekelompok, dan 75% menikmati kerja sama kelompok. Namun, terdapat ketidakmerataan partisipasi (20–40% siswa belum merasakan manfaat optimal) akibat dominasi anggota tertentu, dinamika kelompok kurang harmonis, dan perbedaan gaya belajar. Simpulan penelitian membuktikan STAD efektif meningkatkan antusiasme, tetapi memerlukan strategi pendukung seperti pembagian peran adil, pendampingan guru intensif, dan fleksibilitas metode sesuai karakter siswa untuk optimalisasi hasil yang merata.

Referensi

Abrori, A. N., & Sumadi, C. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296–315. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385

Arrifal, K., Azman, M. S., Fauziyah, S. A., Riantama, Z. D., & Bandung, G. D. (2021). Kehadiran Mahasiswa Membangkitkan Antusiasme Belajar Anak di Desa Cilame RW 06 Pada Masa Pandemi Covid-19: Vol. I (Issue 17). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 619–638. https://core.ac.uk/download/pdf/539837536.pdf

Elfitriyani, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pembelajaran Materi Cerpen Kelas Ix. 5 Mts Negeri 3 Kota Pekanbaru. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.388

Faradina, E., Sisworo, & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 51–65. https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2601

Hadijah, S. (2025). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SDN 08 Lubuk Dalam. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 2(1), 218–222. https://doi.org/https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/961

Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwarta, I. I. W. (2020). Model STAD Berpengaruh terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351–361. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414

Nurfitri, N., & Ginting, N. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Boarding School Jabal Rahmah Mulia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(4), 408–413. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v2i4.178

Nurfuadi, Yahya, M. S., & Afandi, R. (2022). Dasar-dasar Dan teori pendidikan Upaya civitas akademika dalam memahami dasar dan teori pendidikan. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18646

Rahmadewi, N., Setyaadi, E., & Telo, A. U. (2023). Problem Based Learning: Efeknya Terhadap Pengajaran Dosen dan Antusiasme Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara. JURNAL PENABIBLOS, 14(02). https://doi.org/https://doi.org/10.61179/jurnalpenabiblos.v14i02.479

Rahman, BP. A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://www.academia.edu/86608501/PENGERTIAN_PENDIDIKAN_ILMU_PENDIDIKAN_DAN_UNSUR_UNSUR_PENDIDIKAN

Rihi, B. R., & Martha, K. (2024). Penerapan Metode Pembalajaran STAD dengan Prespektif Kristiani dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fisika Topik Pengukuran. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Dan Riset Fisika (JPPRF), 3(1), 19–34. https://doi.org/https://ojs.uph.edu/index.php/JPPRF/article/view/8215

Rosdiana, R., & Irwan, M. (2020). Kapita Selekta Pendidikan Nonformal. Bayfa Cendekia Indonesia. https://bit.ly/3T8VIr8

Sayuri, D. (2023). Meningkatkan kinerja guru ilmu pengetahuan sosial melalui pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas VI SDN 4 Baamang Tengah tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(8), 1045–1058. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i8.5935

Syukriady, D. (2022). Upaya Meningkatkan Antusias Dan Kinerja Belajar Bahasa Indonesia Dalam Materi Teks Deskripsi Di Kelas Vii Mts Yaspi Sambung Jawa Makassar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2175–2194. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i8.2276

Waruwu, M., Puat, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode penelitian kuantitatif: Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 17-23. https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1785

Yudhanta, V. W., Susanti, M. I., & Rustamti, M. I. (2021). The implementation of STAD–type coperative learning model to improve students’ critical thinking and collaborative skills. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(4), 1019–1027. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8441

Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-08

Cara Mengutip

Ardiansyah, S. A., Fadilah, Q., Fatha, S. A., Hasanah, M., Zakia, N. M., Anisa, N., & Pratikno, A. S. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI BANGUN DATAR DALAM MENINGKATKAN ANTUSIASME SISWA. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 561–573. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.288

Terbitan

Bagian

Artikel