ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE PADA SEKOLAH KHARISMA BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.285Kata Kunci:
Kurikulum Cambridge, Kurikulum Internasional, Kharisma Bangsa, SPKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Kharisma Bangsa sebagai salah satu Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) di Indonesia. Fokus penelitian meliputi alasan strategis adopsi kurikulum, strategi penerapan, bentuk dukungan institusional, serta tantangan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, dengan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi tidak langsung. Hasil menunjukkan bahwa kurikulum Cambridge diintegrasikan dengan Kurikulum Merdeka dan diterapkan pada mata pelajaran inti seperti Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris. Proses implementasi mencakup tiga tahapan utama: sosialisasi, pembelajaran aktif berbasis konteks global, dan evaluasi berbasis ujian Cambridge. Sekolah juga memberikan dukungan institusional melalui program summer course, pelatihan guru, dan fasilitas digital. Temuan menunjukkan adanya keberhasilan akademik namun juga tantangan seperti keterbatasan jadwal ujian dan kesiapan siswa. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengkajian komprehensif terhadap integrasi kurikulum internasional dan nasional dalam konteks SPK, yang belum banyak diteliti sebelumnya. Penelitian ini penting untuk memberikan rekomendasi strategis bagi sekolah lain dalam mengadopsi kurikulum internasional tanpa meninggalkan muatan lokal dan kebijakan nasional.
Referensi
Ameliya, M., Izzah, L., & Aguirre, A. I. (2024). EFL Cambridge Curriculum Implementation at Kharisma Bangsa Middle School : Teachers ’ Perspective.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2006). Qualitative research in education: An introduction to theory and methods (5th ed.). Allyn & Bacon.
Christiana, R. A., Supriyanto, A., & Juharyanto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 288–295. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p288-295
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Education., C. A. I. (2018). Why choose Cambridge? https://www.cambridgeinternational.org
Education, C. A. I. (2020). Cambridge Pathway: Education fit for the future. Cambridge University Press & Assessment.
Hamalik, O. (2007). Manajemen pengembangan kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Islam, Z. N., & Fajaria, N. H. (2022). Cambridge Curriculum Implementation At Smp Madina Islamic School. Akademika, 11(01), 101–112. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1932
Nasution. (1987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bina Aksara.
Nurdin, S. (2016). PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER ( RPS ) BERBASIS KKNI DI PERGURUAN TINGGI.
Perdana, D. H. (2017). Strategi Penerjemahan Bahasa Arab. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(1), 14–18.
Riduwan, R., Elsinah, E., Amrillah, B., Asy’ari, H., & Arif, A. (2023). Pola manajemen kepala sekolah SMA Kharisma Bangsa dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.1.11-19
Saleh, Y. Y. S., & Arifiani, B. F. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 4124–4134. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/8883
Sukmadinata, N. S., & Mulyasa, E. (2013). Evaluasi Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya. https://www.cambridgeinternational.org
UNDANG UNDAN N0. 20 TAHUN 2003 (Issue 1). (2003).
Yin, R. K. (2011). Qualitative research from start to finish. The Guilford Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fatikhatul Aulia, Marwah Raisa Roja, Maswani Maswani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.