PENDAYAGUNAAN EKOLITERASI SEKOLAH DALAM MENGATASI DISLEKSIA ANAK: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Santia Santia Universitas Madako Tolitoli, Indonesia
  • Muh. Khaerul Ummah BK Universitas Madako Tolitoli, Indonesia
  • Mustakim Mustakim Universitas Madako Tolitoli, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.280

Kata Kunci:

Disleksia, Ekoliterasi, Studi Kasus

Abstrak

Rendahnya kemampuan literasi membaca pada siswa sekolah dasar, terutama yang mengalami disleksia, masih menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Disleksia diperkirakan dialami oleh 15–20 persen anak usia sekolah dan berdampak pada kemampuan membaca, menulis, dan prestasi akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan pendekatan ekoliterasi sekolah dalam membantu siswa disleksia meningkatkan keterampilan literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Lokasi penelitian di SD DDI Kapas, Kecamatan Dakepemean, Kabupaten Tolitoli, pada semester genap tahun ajaran 2025. Partisipan terdiri atas kepala sekolah, wali kelas V, dan tiga siswa disleksia dari total 15 siswa di kelas tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ekoliterasi berkontribusi positif terhadap motivasi, partisipasi, dan kepercayaan diri siswa disleksia melalui kegiatan pembelajaran berbasis pengalaman dan kontekstual. Namun, penelitian ini juga menemukan kendala seperti keterbatasan fasilitas, rendahnya pemahaman guru terhadap disleksia, dan minimnya evaluasi terstandar. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model pembelajaran ramah disleksia berbasis ekoliterasi dan membuka peluang riset lanjutan di berbagai konteks pendidikan.

Referensi

Afiani, A., Aryanto, S., & Gumala, Y. (2022). Implementation of contextual learning models to improve poetry writing skills based on ecoliteracy at elementary school. International Journal of Education, Language, and Religion, 4(2), 68. https://doi.org/10.35308/ijelr.v4i2.562

Agri, I. H., & Zein, A. (2024). Ekoliterasi lingkungan hidup dalam Alquran. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 7(2), 101–113. https://jayapanguspresspenerbit.org/index.php/kamaya/article/view/23

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190

Aziz, A., Erlianda, M., Agustina, P. A., Mubarok, I., & Aryanto, S. (2022). Pemanfaatan ecobrick menjadi pojok ekoliterasi sebagai upaya menanggulangi darurat sampah selama pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Abdimas, 5(1), 63–74. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.771

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan anak pengidap disleksia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25035

Maulana, M. A., Kanzunnudin, M., & Masfuah, S. (2021). Analisis ekoliterasi siswa pada sekolah Adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2601–2610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1263

Megawati. (2024). Penerapan model inkuiri sosial dalam meningkatkan sikap ekoliterasi pada pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 2(2), 77–86. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/127

Muttawakkil, I., & Kusumah, M. S. (2020). Menebus dosa masa lalu: Ekoliterasi pada anak sebagai penyadaran lingkungan. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis (JSPH), 5(2), 97–106. https://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/article/view/14527

Presiden Republik Indonesia. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara. https://peraturan.bpk.go.id/Details/269470/uu-no-20-tahun-2023

Ramadhan, A. F., & Surjanti, J. (2022). Pengaruh ekoliterasi dan pendekatan ESD terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 129–134. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3840

Sakti, S. A. (2020). Implementasi pendidikan inklusif pada lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(2), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i2.2019

Setyaningrum, T. W. (2020). Praktik pembelajaran ekoliterasi berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di sekolah dasar negeri Kota Surabaya bagian barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 375–384. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/34363

Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembiasaan dan pembudayaan di sekolah menengah pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2206–2216. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.755

Snowling, M. J., Hulme, C., & Nation, K. (2020). Defining and understanding dyslexia: Past, present and future. Oxford Review of Education, 46(4), 501–513. https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1765756

Supena, A., & Dewi, I. R. (2020). Metode multisensori untuk siswa disleksia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 110–120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623

Suwandi, S., Drajati, N. A., Handayani, A., & Tyarakanita, A. (2024). The analysis of ecoliteracy elements in language textbooks. Cogent Education, 11(1), Article 2300907. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2300907

Taufan, J., Ardisal, & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas model pembelajaran make a match dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak disleksia di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.521

Tryanasari, D., & Kartikasari HS, A. (2021). Program ekoliterasi sebagai upaya meningkatkan fokus siswa slow learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.57

Tyas, D. N., Nurharini, A., Wulandari, D., & Isdaryanti, B. (2022). Analisis kemampuan ekoliterasi dan karakter peduli lingkungan siswa SD selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 213. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.11173

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-07

Cara Mengutip

Santia, S., Ummah BK , M. K., & Mustakim, M. . (2025). PENDAYAGUNAAN EKOLITERASI SEKOLAH DALAM MENGATASI DISLEKSIA ANAK: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 4(2), 484–503. https://doi.org/10.58917/aijes.v4i2.280

Terbitan

Bagian

Artikel