ANALISIS FAKTOR DETERMINAN PENDIDIKAN: KAJIAN PUSTAKA KUALITATIF
DOI:
https://doi.org/10.58917/aijes.v5i1.267Kata Kunci:
Faktor Determinan, Pendidikan, Studi Pustaka, Indonesia, Sinergi SistemikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan faktor-faktor determinan yang memengaruhi proses pendidikan di Indonesia, yang mencakup pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, alat pendidikan, dan lingkungan pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini menelaah peran strategis masing-masing elemen dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu. Temuan menunjukkan bahwa keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh sinergi antara kelima fakto1r tersebut. Temuan kunci pertama adalah bahwa peran pendidik sebagai pembimbing kepribadian berdampak langsung terhadap pembentukan karakter peserta didik, ditunjukkan melalui indikator kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Temuan kedua menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang kondusif secara signifikan mendukung pencapaian hasil belajar, ditandai dengan peningkatan partisipasi aktif dan pencapaian akademik. Pendidik berperan bukan hanya sebagai penyampai ilmu, tetapi juga sebagai pembina moral. Peserta didik menjadi subjek aktif dalam pembelajaran, sedangkan tujuan, alat, dan lingkungan pendidikan menjadi komponen pendukung utama dalam proses pembelajaran. Implikasi kebijakan dari hasil penelitian ini menekankan pentingnya penguatan kapasitas pendidik dan penyediaan lingkungan belajar yang memadai. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji interaksi antarelemen pendidikan secara empiris dalam berbagai konteks pendidikan formal dan nonformal.
Referensi
Ahmad, T. (2014). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam (Cet. ke-11). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al-Syaibany, O. M. al-T. (1983). Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah (Cet. ke-4). [Terjemahan]. (Asal diterbitkan dalam bahasa Arab).
Arifin, H. M. (2006). Filsafat pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Chaplin, J. P. (2009). Kamus lengkap psikologi (Kartini Kartono, Penerj.; Cet. ke-13). Jakarta: RajaGrafindo Persada. (Terjemahan dari Dictionary of Psychology).
Daradjat, Z. (2006). Ilmu pendidikan Islam (Cet. ke-6). Jakarta: Bumi Aksara.
Echols, J. M., & Shadily, H. (1986). Kamus Inggris–Indonesia (Cet. ke-14). Jakarta: PT Gramedia.
Fahmi, A. H. (1979). Sejarah dan filsafat pendidikan Islam (I. Husein, Penerj.). Jakarta: Bulan Bintang.
Ibnu Rusn, A. (2009). Pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan (Cet. ke-2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Langgulung, H. (n.d.). Falsafah pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Lodge, R. C. (1974). Philosophy of education. New York: Harcourt, Brace & World.
Marimba, A. D. (1989). Pengantar filsafat pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.
Saat, S. (2015). Faktor-faktor determinan dalam pendidikan. Jurnal Al-Ta'dib, 8(2), 1–14.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2008). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Ed. ke-1). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2006). Jakarta: Sinar Grafika.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2005). Cet. ke-2. Jakarta: Sinar Grafika.
United Nations Children’s Fund. (2020). Situasi anak di Indonesia: Tren, peluang, dan tantangan dalam memenuhi hak-hak anak. Jakarta: UNICEF Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/situasi-anak-di-indonesia-2020
Zubaidi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zuhairini, Z., dkk. (1992). Filsafat pendidikan Islam (Cet. ke-1). Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rusmiaty Rusmiaty, Muljono Damopolii, Yuspiani Yuspiani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.




















